Restoran Chinese Food ada banyak di mana-mana, tapi yang beneran enak ga banyak. Karena sesungguhnya masak Chinese Food itu gampang-gampang susah, bukan sekadar cah atau oseng-oseng belaka, melainkan perlu pengalaman dan teknik tersendiri untuk membuatnya jadi istimewa.

Wajan, nama restoran ini terinspirasi dari salah satu alat masak penting dalam dapur, terutama buat dapurnya Chinese Food. Rumah Makan Wajan Oriental menyediakan aneka masakan ala Chinese yang di luar dugaan ternyata enak-enak, jauh melampaui ekspektasi saya!

wajan 02

Terus terang selama ini kalau kangen Chinese Food, biasanya kita bolak balik makan di restoran yang itu-itu saja, berhubung cuma segelintir rumah makan di Bandung yang bisa menyajikan Chinese Food enak. Jadi begitu ketemu Wajan, senang sekali rasanya, nambah 1 lagi deh daftar rumah makan Chinese Food yang enak, hohoho…

wajan 10

Rumah Makan Wajan pertama kali dibuka pada tahun 2009, dan berlokasi di Taman Kopo Indah II Blok 1A no 1A. Kini Wajan sudah memiliki cabang juga di kompleks Batununggal, tepatnya di Jalan Batununggal Indah Raya no 405. Jadi buat para penghuni Bandung Selatan, yang kepengen makan Chinese Food enak, ga perlu jauh-jauh ke pusat kota, tinggal mampir aja ke Wajan.

IMG-20160307-WA0008

Sore itu kami makan di Wajan Oriental Batununggal, rumah makan ini terdiri dari 2 lantai, dan punya area makan yang luas di lantai 2. Suasananya homey, asik buat makan keluarga, arisan, reuni atau ngumpul bareng temen-temen sambil ngerjain tugas sekalipun.

Penasaran donk, makanan enak apa aja sih yang ada di sini?
Yuk ah mariii…

wajan 16 new

Dibuka dengan dimsum!
Yap, saya selalu tidak bisa menahan diri kalau melihat ada dimsum di menu, hahaha… ga pandang waktu deh, selalu tergoda buat seicip dua icip.
Ehm, hitung-hitung makanan pembuka sambil menunggu makanan utama tiba lah ya…

wajan 17 01

Dan Chinese Dimsum di Wajan, surprisingly good!
Suka bener sama unsur udang yang begitu terasa baik di siomay, hakau, pangsit udang mayonaise, maupun lumpiah udang kulit tahunya. Udang banget, suka bangetttttt….

Wajan punya sederetan menu dimsum menarik, baik dimsum yang steam maupun yang gorengan, harganya pun sangat terjangkau, mulai dari IDR 15-19k saja per porsinya. Eits, ada Bubur Ayam dan Bubur Ikan juga lho di sini!
Laen kali mau sengaja datang ke sini buat sarapan dimsum ah….

wajan 19

Nah, kalau yang ini adalah hidangan spesial dari Wajan, yakni: Bebek Panggang. Bebek Panggang ala Peking ini tersedia dalam 3 ukuran: 1 ekor IDR 220k, 1/2 ekor IDR 120k dan 1/4 ekor IDR 65k. Bebek Panggang nya super, dan saya paling suka bagian kulit dengan lemak di bawahnya, dicocol ke saus plum khas Peking Duck, hhhmmmm….. yummy!

wajan 20 new

Penasaran sama si bebek? Kepengen cobain tapi berasa kebanyakan kalau sengaja pesan menu Bebek Panggang?
Saran saya, pesen aja Mie Special Bebek Panggang IDR 32k. Yamien asin dengan ayam jamur plus ekstra potongan daging bebek, yamiennya enak dengan porsi besar. Ditambah si sambal yang bikin acara makan mie terasa makin nikmat, Cantonese (Hongkong) Chili Oil, sambal favorite saya banget nih!

wajan 13 new

Yang ga boleh ketinggalan dipesen kalau makan-makan mie di Wajan adalah Pangsit Gorengnya. Seporsi Pangsit Goreng harganya IDR 22k, isi 6 pcs pangsit ukuran jumbo. Pangsit goreng di sini mirip banget baik tekstur maupun rasanya dengan pangsit goreng milik Bakmi GM yang kesohor itu. Eits, saus asam manisnya juga persis! Eundeussssss…..

wajan 21

Saatnya beranjak ke masakan Chinese nih, ada Baby Buncis Cabe Garam IDR 30k. Seporsi besar baby buncis panir yang digoreng garing, lalu diberi taburan cabe dan bawang. Aseli bikin ga sabar buat buru-buru nyomottttt… hahahaha…

wajan 22 new

Sapi Lada Hitam IDR 55k, sapi lada hitam nya enak, somehow mengingatkan saya dengan masakan serupa punyanya Grand Eastern, hohoho…. Sapinya empuk enak dan bumbu lada hitamnya itu berasa banget. Recommended!

wajan 23 new

Tahu Kinoki IDR 38k, tahu dengan rumput laut di atasnya lalu disiram dengan saus enoki. Tahunya ini 100% homemade lho, dengan tekstur menyerupai tahu Jepang, halus dan lembut enak.

wajan 25 new

Kailan 2 Musim IDR 31k, bagian batang ditumis dengan bawang putih, sementara si daun kailan digoreng hingga garing, krekes.. krekes.. Salah satu sayuran favorite saya, selalu suka deh nambulin dedaunannya, hihihi… Nikmat buat camilan atau dimakan sama nasi juga mantap.

wajan 52

Ikan Dori Rempah Lada Hitam IDR 39k, fillet ikan goreng panir lalu diberi bumbu rempah dan lada hitam. Ikan goreng selalu jadi favorite nya anak-anak banget deh!

wajan 39

Nah, asik nya lagi kalau makan di Wajan Chinese Food, bisa sekalian order makanan dari Wajan Thai Food yang lokasinya cuma selisih beberapa ruko saja. Ada banyak pilihan menu Thai enak di sana, mulai dari aneka Appetizer, Main Course sampai Dessert pun ada.

wajan 51 new

Menu favorite di sini diantaranya: Ayam Pandan (Gar Hor Bai Toey) IDR 43k, juga Kwetiaw Goreng Siram Seafood (Raat Na Talay) IDR 35k.

wajan 50 new

Lalu masih ada Nang Rong Chingken (Gai Trod Samunprai) IDR 39k alias ayam goreng kering ala Thai. Dan juaranya adalah Tom Yum Talay IDR 49k, sup tomyum seafood ala Thai yang beneran juara, enak benerrrr, kombinasi asem pedesnya begitu menggigit, a must try!

wajan 01 new

Tidak ketinggalan cobain dessertnya juga donk, ada Mancham alias Singkong Manis ala Thai dan Tum Tim Krob IDR 20k atau es campur ala Thai, keduanya mantapppp…. Thailand banget!

wajan 33 new

Jadi kalau masih bingung pengen makan di mana hari ini, gimana kalau mampir ke Wajan. Buka dari jam 8 pagi hinggal 10 malam, mau breakfast, lunch, dinner atau supper di sini juga bisa. Kalau mau ngopi-ngopi cantik juga oke lho, soalnya ada rupa-rupa pilihan Roti Bakar dan aneka kopi baik panas maupun dingin. Komplit lah! Semua makanan di Wajan 100 % Halal.

wajan 07

Wajan Oriental
Jalan Batununggal Indah Raya no 405
Kompleks Batununggal, Bandung
Phone: 022 – 87303940 / 085101711184

Taman Kopo Indah II Blok 1A no 1A, Bandung
Phone: 022 – 5410973

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_