Gombal Asap

Pernah dengar Gombal Asap?
Pertama kali saya tau Gombal Asap, sempet penasaran dan berpikir hhhmmm… resto apaan sih, kok namanya gombal-gombalan begini, hahaha…
Belakangan saya baru tau, ternyata Gombal itu singkatan dari Sego Sambal alias Nasi dan Sambal dalam bahasa Jawa, jadinya Nasi – Sambal – Asap, eh apa pula ini?

Gombal Asap terletak di halaman Gudeg Banda – Ciliwung, Jalan Taman Cibeunying Selatan no 33, lokasinya pas di hook, seberangnya Bank OCBC NISP. Nah, di kebun samping Gudeg Banda, ada semacam Food Market bernama Kedai Kuliner dan Gombal Asap menempati stand paling depan.

GA 10

Alkisahhhh….
Pak Gombal dan Bu Gombal sama-sama lahir dan dibesarkan di daerah pesisir pantai, keduanya pecinta makanan laut dan kesukaan mereka adalah ikan asap. Teman-teman yang berkunjung ke rumah sering dijamu dengan masakan Ikan Asap ala Keluarga Gombal, dan ternyata banyak yang suka, akhirnya mereka berdua pun jadi termotivasi untuk membuka Gombal Asap ~ Sego Sambal Ikan Asap.

Mendengar istilah Ikan Asap, maka hal pertama yang terlintas di benak saya adalah sejenis ikan asin, ternyata lagi-lagi saya salah! Ikan Asap merupakan salah satu teknik pengolahan dan pengawetan ikan di pesisir pantai, dimana ikan laut diasap dengan batok kelapa hingga menghasilkan tekstur, rasa, dan aroma khas asap yang enak!

GA 12 new

Ikan laut memiliki kadar protein tinggi, namun banyak yang tidak suka karena berbau amis. Nah, proses pengasapan ini menghilangkan bau amis ikan laut, tetapi tetap mempertahankan tekstur daging ikan yang segar dan juicy. Tersedia aneka rupa pilihan Ikan Asap di Gombal Asap, diantaranya adalah ikan pari, marmoyo, putihan, odul, meranti, salem, tongkol dan golok.

Aseli bikin penasaran yak…
Langsung aja kita coba yuk!

GA 05 new

Paket Pari Asap, IDR 25k

Semua Ikan Asap di Gombal Asap dijual dalam bentuk paket nasi yang disajikan di atas cobek tanah liat. Paket komplit ini terdiri dari ikan asap, nasi putih, lalapan dan sambal terasi khas Jawa Timur. Nah, si ikannya sendiri setelah diasap, lalu bisa digoreng atau dipanggang lagi sesuai selera, ini dia yang bikin tambah enak. Paduan aroma harum asap dengan rasa daging ikan yang enak, wajib coba!

Paket Tongkol Asap, IDR 30k

Paket Tongkol Asap, IDR 30k

Dan yang ga kalah penting, Gombal Asap punya sambal yang juara banget. Sambal terasi khas Jawa Timur yang diulek langsung di tempat dan bisa disesuaikan dengan selera, mau sedikit pedes, pedes atau pedes banget, tinggal request ajah…

GA 03

Paket Odul Asap, IDR 25k

Khusus hari Minggu, selain Paket Ikan Asap, Gombal Asap juga menyediakan Nasi Liwet Bakar Pari Asap IDR 20k, super unik ya! Kalau biasanya kita makan nasi liwet ayam, kali ini saatnya mencoba sesuatu yang berbeda. Nasi Liwet Bakar Pari Asap ini enakkkkk, disajikan dengan lalap sambal dan kerupuk aci, suka banget!

GA 01 new

Gombal Asap juga punya Kampanye Makan Ikan lho, kampanye ini dikemas dalam bentuk kegiatan yang berbeda-beda. Salah satu tujuannya untuk mengingatkan para orang tua, betapa besar manfaat konsumsi ikan dimulai dari sejak anak-anak. Mau pintar makan ikan…

GA 08

Kampanye Makan Ikan ini dilatarbelakangi dari fakta bahwa Indonesia merupakan penghasil komoditi sumber daya laut ikan terbesar di dunia, namun tingkat konsumsi masyarakat akan ikan masih rendah dibandingkan dengan konsumsi ayam dan daging lain. Padahal ikan sangat bergizi dan mengandung protein hewani yang tinggi dengan berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Mari makan ikan!

GA 09

Ngebet pengen cobain si Gombal Asap?
Selain bisa makan di tempat, Gombal Asap juga melayani delivery via GoFood by Gojek, langsung aja deh pesen sekarang juga!

GA 13

Gombal Asap
Gudeg Banda ~ Kedai Kuliner Food Market
Jalan Taman Cibeunying Selatan no 33, Bandung
phone: 081939647496

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

← Previous post

Next post →

2 Comments

  1. ketika kami kembali ke gombal asap untuk kesekian kalinya, anak saya yang kebetulan sdg beranjak remaja langsung mendatangi counter gombal asap dan bilang “om indra…..tante cicil……kalau aku ikan pari-nya 2 yah, sambelnya juga ditambah……….”
    must try asia kudunya datang ke gombal asap

  2. Ikan pari asapnya enak banget, jagoan pisan ngolahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *