Salah satu keinginan terbesar saya di Hongkong adalah nyicipin dim sum!
Tau sendiri donk kalau hongkong dimsum itu yang nomer wahid sedunia, belum sah deh nginjek Hongkong kalau belum pernah cobain dimsum nya.

Sebelum berangkat ke Hongkong, sayapun sudah googling sana sini, cari dimsum yang enak dan murah, hahaha…. Sebenernya setiap kali ke Hongkong pasti diajak sama temen/sodara buat nge-dimsum, tepatnya ditraktir! Nah, berhubung kali ini sama sekali ga ngontak siapapun, jadilah kudu selektif memilih tempat dimsum yang tepat (baca: murmernak).

Nah, dulu-dulu itu waktu nge-dimsum di Hongkong, selalu restorannya besar dan nyaman, ga usah pake antri. Malahan pernah nyicipin dimsum di salah satu resto paling luxury yang konon katanya banyak aktor/artis yang suka makan di sana. Sayangnya saya lupa bener, apa ya nama restonya.. ya pokoknya itu lah!

Ehm, kembali ke bumi…
So, inilah 2 tempat dimsum yang saya kunjungi waktu ke Hongkong kemaren, 2-2nya Cheap Michelin Starred Dimsum, hohoho… Dan beneran aseli recommended, sementara harga makanan laen di Hongkong ini semuanya selangit, nge-dimsum di sini malahan harganya saingan sama harga pasaran dimsum di Indo, tapi dengan rasa dan kualitas yang jauh di atas. Puas banget lah!

1. One Dim Sum 一點心

One Dim Sum berlokasi di dekat MTR Prince Edward, buka jam 11-23, dan kita tiba di sana setengah jam sebelum resto buka. Ternyata di dalam resto sudah penuh dengan kloter pertama, jadi kita harus menunggu mereka mulai terima order dan selesai makan baru bisa masuk. Maklum ukuran restonya cuma sepetak kecil, desak-desakan pula. Oya kalau mau makan di sini, jangan lupa ambil dulu nomer antrian plus kertas orderan. Jadi sambil menunggu, silahkan pelajari dulu buku menu dan tentukan mau pesan apa saja.

one 20

Ehm, ternyata menunggunya itu aseli lama pisannnn…..  1 jam lebih bo!
Dari yang cuma beberapa orang doank, sampe penuh semua kursi di luar plus antrian berdiri, ga cuma orang lokal, segala rupa turis pun ikutan antri di sini, duh duh duh! Untungnya trip ke Hongkong kali ini santai-santai, jadi ngabisin waktu nungguin begini juga gapapa deh, demi makan enak. Walaupun agak bete juga sih, soalnya di sebelah-sebelah nya ga ada sesuatu apapun yang menarik buat diliat.

one 19

Makan apa kita di One Dim Sum?
Kita pesan 5 porsi saja buat berdua, ada Hakau, Kaki Ayam, Egg Custard Bun, Lumpia Kulit Tahu, dan Lo Mai Kai, hahaha… aseli standar pisan ya pesenannya! Harga dimsum di sini variatif dari HKD 14-30, saingan lah sama harga di Indo. Plus ada biaya Chinese Tea HKD 3 per orang.

one 00

Rasanya gimana?
Istimewaaaaa….. Laen deh daripada dimsum di indo.
Lebih kaya rasa, lebih detail, dan tentunya lebih maknyus….
Sulit dijabarkan dengan kata-kata, kudu coba sendiri baru percaya!

 

2. Tim Ho Wan 添好運

Ti  Ho Wan ini ngetop banget di Hongkong, sebagai Cheapest Michelin Starred Dimsum, alias murah tapi rasanya kaga murahannnnn, hahaha…. Tim Ho Wan yang kita kunjungin berlokasi di Fuk Wing Street – Sham Shui Po MTR, dan gampang ditemuin tinggal liat aja bannernya yang super gede sampe ke tengah jalan. Antrian di Tim Ho Wan, tentunya ga kalah dari One Dim Sum, tapi di sini restonya jauh lebih besar, jadi ga lama-lama amat nunggunya, paling 15 menitan lah, ceng li!

tim 00

Tim Ho Wan terkenal banget sama Baked Bun with Barbequed Pork, pokoknya menu yang satu ini wajib pesan deh. Rotinya wangi dan empuk empuk enak, sementara isiannya semacam chasiu dengan bumbu yang berlimpah, sllurrrrpppp….

tim 05

Selain itu kita juga masih pesan Chang Fen, Siomay, Tim Lumpia Kulit Tahu, juga Chrysant Jelly punya Tim Ho Wan yang terkenal itu. Harga dimsum di sini berkisar dari HKD 10-26, aseli ga lebih mahal daripada dimsum di indo, ga heran kudu antri panjang. Biaya Chinese Tea juga cuma HKD 2 saja per person.

one 21

Soal rasa udah ga perlu diragukan lagi dah, eundes banget!!!!
Sayang perut terbatas, padahal pengennya sih semua menu dicoba, hahaha… Btw, di Tim Ho Wan ga perlu kuatir susah pesan, karena ada menu bergambar dengan penjelasan dalam bahasa Inggris juga, jadi tinggal mencocokan gambar dengan tulisan di kertas order saja, hahaha…

tim 30

So, kalau liburan ke Hongkong jangan lupa wajib sekalian coba dimsumnya, atau pasti nyesel dah!
Penasaran sama acara makan-makan saya yang laennya? Pantengin terus deh helenysm.com soalnya masih ada cerita mie enak di sana sini.

Sebelumnya:
(Hongkong 05 ~ Street Food, Waktunya Jajan!)

Berikutnya:
(Hongkong 07 – Hongkong Noodles)

 

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_