(Hongkong 05) Street Food, Waktunya Jajan!

Rasanya di sana sini di seluruh penjuru Hongkong, selalu ada saja makanan enak. Antrian panjang, display makanan yang tampak menggiurkan, dan foto besar yang terpampang nyata, selalu sukes menggoda saya untuk makan lagi, lagi dan lagi, aaarrgghhh….. Entah saya saja yang doyan makan, atau memang typical orang Hongkong memang suka makan juga seperti saya.

So, inilah episode 3 dari cerita makan-makan saya di Hongkong. Setelah Cerita Sarapan dan Cerita Nongkrong, kali ini saya mau share cerita soal jajan dan cemal-cemil di sepanjang jalan kenangan, hahaha….

Street Food apa saja sih yang lagi kekinian di Hongkong?
Simak dulu deh pengalaman kalap saya di sini.

1. Sate-satean

SF 05 newest

Penjual sate-satean termasuk yang paling banyak yang saya temukan selama keliling Hongkong. Dan sepertinya sate-satean memang punya banyak penggemar, terbukti ga cuma di Hongkong tapi juga di negara lain selalu ketemu ada yang jual beginian. Etapi cobain deh, tiap negara tastenya ga sama lho, soalnya bumbu cocolan yang disediakan biasanya berbeda, kalau di Hongkong bumbu curry lah yang jadi favorite.

Segala rupa sate unik ada di sini, mulai dari Baso Ikan, Susis, Siomay, sampai Gurita dan Babat juga ada lho.. Harganya juga relatif terjangkau di kisaran IDR 10-15k per tusuknya, hampir mirip lah dengan harga makanan di Indo. Dan bumbu kari di sini ga sama dengan kari india, ada aroma khas tersendiri yang sulit dijabarkan dengan kata-kata, intinya sih cobain aja deh sendiri!

 

2. Usus Babi Goreng – 炸大腸

SF 01

Usus Babi Goreng sepertinya termasuk salah satu makanan yang lagi naik daun di Hongkong, soalnya di mana ada yang jual, pasti ada yang lagi antri, hahaha…. Usus babi ini digoreng hingga tekstur luarnya garing, sementara dalamnya tetep chewy, harga per tusuk HKD 12. Sebelum disajikan, si Usus Babi Goreng dipotong-potong terlebih dahulu, lalu dicelup ke dalam bumbu rempah, dan diberi saus mustard.

Rasanya seperti apa? Ya rasa usus lah…. Wakakaka…
Cocok buat para penggemar aneka jeroan (seperti saya) asal hati-hati kolesterol!

 

3. Stinky Tofu – 臭豆腐

SF 03

Stinky Tofu alias Chou Doufu, sebenarnya adalah makanan asal mainland China, berupa tahu yang sudah difermentasi berbulan-bulan sehingga menghasilkan tekstur rasa dan aroma yang khas. Di Hongkong pun ada beberapa tempat yang menjual Stinky Tofu, harganya HKD 10 /pcs. Berhubung merupakan salah satu makanan kesukaan saya, saya pun sengaja menyambangi 2 tempat berbeda demi si tahu bau ini.

Sayangnya menurut saya, Stinky Tofu di Hongkong terasa kurang kuat rasanya, dan kurang bau, hahaha… Pilihan saus yang disediakan juga terasa kurang cocok berpadu dengan si tahu. Masih jauh lebih enak Strinky Tofu yang pernah saya makan di Beijing, bahkan Taiwan sekalipun.

 

4. Egg Waffle – 鷄蛋仔

SF 04

Selain jajanan yang asin-asin, ada pula yang manis-manis enak seperti Egg Waffle.  Konon Egg Waffle menduduki peringkat no 1 dalam daftar Most Popular HK Street Snack. Memang banyak sih yang jual beginian, dan selalu antri pula!

Egg Waffle di Hongkong biasanya disajikan plain, tidak seperti di indo yang penuh modifikasi dengan aneka rupa selai. Setelah matang si egg waffle digulung lalu dimasukkan dalam kemasan kertas take away. Rasa Egg Waffle ini enak, luarnya crispy, tapi dalemnya lembut, bentuknya juga unyu. Harga cukup HKD 8 saja,  puasssss….

 

5. Fresh Coconut Juice

SF 06

Selain aneka rupa bubble tea dan milk tea yang selalu bisa kita temukan di mana-mana di Hongkong ini, ada minuman lain yang menarik perhatian saya yaitu Coconut Juice alias Jus Kelapa. Ini beneran kelapa dijus lho, jadi bukan air kelapa muda. Dan saya suka sekali, rasanya seger, wangi kelapa dan tidak terlalu manis, ngangenin lah!

Harga 1 cup kecil seperti saya punya adalah HKD 16, ada ukuran besar HKD 20 dan botol HKD 24. Masukin deh ke list wajib coba kalau ke Hongkong!

 

6. Soft Ice Cream

SF 02

Penjual Es Krim dalam mobil ini nongkrong di dekat Terminal Bus Shatin waktu kembali dari Ten Thousand Buddhas Monastery. Namanya Mobile Softee, dan selain menjual soft ice cream, ada juga nutty drumstick, ice cream cup dan jumbo orange. Mobile Softee punya puluhan armada yang tersebar di seluruh Hongkong.

Soft Ice Cream seharga HKD 9 ini enak, susunya terasa banget, dan conenya juga mantap! Nikmat banget deh dimakan siang-siang pas panas terik, hahaha… apalagi setelah cape mendaki Ten Thousand Buddhas Monastery, duh mantap!

 

7. Fresh Fruit Juice

SF 08

Counter Oneness World ini banyak saya temukan di stasiun MTR. Deretan juice buah organic aneka rasa eksotis ini sungguh bikin saya penasaran. Saya pun akhirnya mencoba salah satu varian yang diambil secara random, hahaha…

Inilah Fresh Passion Fruit, Sichuan Fritillary, and Loquat Drink, ayoooo…. bingung kan? Demikian pula dengan saya, dan hampir semua Fruit Juice yang tersedia di sini memang begitulah namanya, hahaha… Rasa juice ini enak juga, ga terlalu manis, dan berasa keasliannya.

Harga sebotol juice di Oneness World berkisar dari HKD 20-30, boleh banget dicoba buat tambahan vitamin C dan mencegah panas dalam, setelah menjajal segala rupa makanan panas ini itu di Hongkong.

 

8. Wife’s Cake

SF 07

Kalau yang satu ini adalah oleh-oleh wajib beli setiap kali mampir ke Hongkong. Namanya Wife Cake alias Lao Po Bing atau dikenal juga dengan nama Sweetheart Cake. Wife Cake ini berupa traditional Cantonese pastry dengan isian winter melon. Rasa isiannya itu enak banget, chewy asik gitu deh!

Wife Cake ala Hongkong yang paling terkenal adalah Hang Heung atau Kee Wah, masing-masing punya banyak cabang di seantero Hongkong. Kebetulan saya lewatnya Kee Wah, jadi beli di sini deh! Harga Wife Cake HKD 8.5/pcs, atau HKD 68/gift box isi 6pcs. Kalau belum pernah coba, wajib beli!

 

Apakah perjalanan kuliner Helen di Hongkong bakalan berhenti sampai di sini saja?
Hhhhmm… tentu saja tidak, soalnya masih ada sederetan tempat makan enak yang kita sambangin, hohoho…

 

Sebelumnya:
(Hongkong 04 – Nongkrong Cantik & Dessert Asik)

Berikutnya:
(Hongkong 06 – Cheap Michelin Starred Dimsum)

 

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

← Previous post

Next post →

1 Comment

  1. Sthephen

    Boleh tau street food di hongkond di daerah mana yah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *