(Hongkong 03) Sarapan Enak ala Lokal

Berhubung harga hotel yang cukup mahal di Hongkong, jadi liburan kali ini kita menginap di penginapan alakadarnya alias hostel, yang penting ada tempat buat ngelurusin badan, toh cuma untuk tidur malam saja. Sebenarnya menginap di hostel, selain harganya yang jauh lebih murah, juga ga dikasih sarapan. Jadi kita ada kesempatan buat explore aneka makan pagi enak ala lokal di sekitar penginapan lho…. *pembelaan diri banget! hahaha…

Sebelum berangkat ke Hongkong, saya sudah sempat browsing sana-sini, cari info tempat makan mana saja yang sudah buka dari pagi hari dan cocok buat sarapan, dan inilah hasil riset (abal-abal) saya…. #LOL

Ternyata sebagian besar tempat makan favorite di Hongkong, ga buka pagi-pagi amat, biasanya baru mulai beroperasi di jam makan siang, tapi pada tutupnya menjelang tengah malam. Sementara kita terbiasa untuk makan pagi di waktu yang beneran pagi, kalau kesiangan dan belum makan pasti keburu keleyengan deh, wakakaka…

Dan akhirnya saya menemukan tempat makan pagi menarik yang bikin penasaran, yaitu local chain food. Jadi selain fastfood international model Mc Donald, KFC dsb dst, ternyata Hongkong punya waralaba lokal yang tentunya menyediakan menu makanan ala lokal pula, wah mantap pisan nih!

Nah, para fastfood ini udah pada buka dari jam 7 pagi, dan punya menu khusus buat breakfast, dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan paket lunch atau dinner, cocok lah!

Langsung aja simak sarapan ala lokal apa yang kita coba di Hongkong, murmernak dan kenyang banget. Eits, jadi ngiler ga ditanggung yak!

1. Cafe De Coral大家乐

Waktu 3 tahun lalu ke Hongkong, saya pernah diajak teman mama yang aseli orang Hongkong buat makan siang di sini. Kesan pertama begitu menggoda, soalnya sejak saat itu tempat ini aseli bikin saya penasaran. Saya berusaha mengingat namanya tapi tetep ga bisa inget juga, cuma ingat antrian panjang dan dekorasi kuning. Akhirnya waktu browsing sana sini, tanpa sengaja ketemu juga, ternyata namanya Cafe de Coral, yeay!

Dan berita baiknya lagi, Cafe de Coral ini punya puluhan cabang di seantero Hongkong, tinggal pilih aja deh yang paling deket sama penginapan. Pagi pertama di Hongkong, kita pun langsung mampir ke Cafe de Coral cabang Chungking Mansion, dari Panda’s Hostel tinggal jalan kaki 3 menit sampe deh.

Cafe de Coral

Cara pesan di Cafe de Coral, kita pilih dulu menu yang kita mau dari sekian banyak pilihan di display besar di samping kasir. Tenang saja, semua menu ada gambarnya, tertulis dalam 2 bahasa Chinese dan English, plus ada kode huruf dan angka. Jadi tinggal sebut aja kodenya, lalu bayar dan ambil nota. Makanannya sendiri diambil di counter pengambilan, serahkan nota lalu tunggu makanan disiapkan dalam beberapa menit, ga pake lama!

CDC 01 new new

Setelah bingung dan galau gegara saking banyaknya pilihan menu, pada akhirnya kita asal tunjuk sembarang saja, hahaha… soalnya antrian udah panjang bo, ga enak sama yang lain!

Paket Flat Bread seharga HKD 27, terdiri dari: Flat Bread (with bacon & spring onion), Vermicelli with minced pork, susis dan ham, plus segelas Kopi Susu. Paket Congee seharga HKD 22, terdiri dari Bubur Ayam & Jagung, Mie Goreng dan Turnip Cake (Luo Bo Gao / Kue Lobak), tambah HKD 2 untuk secangkir Kopi/ Teh Susu. Dan ternganga lah kita waktu liat ukuran porsinya, ebuset banyak banget, porsi kuda nil ini! Ehm, tapi tetep ludes juga sih, wakakaka…

CDC 20

Overall makan di Cafe de Coral ini senang dan super kenyang, makanannya juga enak! Banyak sekali orang lokal yang makan di sini, mungkin gegara porsinya yang besar dengan harga super terjangkau dibandingkan dengan harga makanan pada umumnya di Hongkong. Cafe de Coral merupakan local chain fastfood terbesar di Hongkong lho.. pokoknya gampang ditemuin ada di mana-mana, wajib mampir!

2. Fairwood 大快活

Setelah pengalaman menyenangkan di Cafe de Coral, berikutnya saya mengincar breakfast di Fairwood. Kalau Cafe de Coral didominasi kuning, maka Fairwood ini serba orange. Cabangnya Fairwood tidak sebanyak Cafe de Coral, tapi kebetulan banget di Tsim Sha Tsui ada Fairwood juga, tepatnya di Grand Centre, 8 Humpreys Avenue. Kesan pertama, aih tempatnya legaaaa bener….

Fairwood

Sistem order di Fairwood ini persis banget sama Cafe de Coral, tinggal sebut kode makanan, bayar lalu ambil. Praktis, serba cepat dan ga pake ribet! Btw, kalau makan di Hongkong, sharing table sempit-sempitan itu udah biasa banget ya. Jadi jangan pernah berharap bisa seperti di indonesia, makan cuma berdua saja tapi occupy meja gede yang buat berempat, hahaha…

Pesan apa saya di sini?
Paket Glutinuos Rice with Chicken alias Lo Mai Gai seharga HKD 27.5, sudah berikut dengan minuman kopi/teh susu. Paket Bubur Telur Phitan dan Turnip Cake plus minuman seharga HKD 26. Enakkkkk….. Apalagi si lo mai gai yang laen sama indo punya, maknyus lah!

FW 10

3. Tsui Wah 翠华

Chain Food ketiga yang saya datangin adalah Tsui Wah, hhhmmm… sebenernya Tsui Wah ini kategorinya bukan fast food banget sih, tapi dia juga punya banyak cabang di seantero Hongkong.

Ceritanya 3 tahun lalu waktu ke Hongkong, saya juga sempat bawa anak-anak untuk mampir sarapan di sini, Crispy Bun nya aseli ngangenin banget! Kalau dulu kita makan di Tsui Wah Causeway Bay, kali ini kita mampir ke cabang lain Tsui Wah di 2 Carnarvon Road, ini juga deket pisan dari Panda’s Hostel.

Tsui Wah

Dan tentunya Tsui Wah juga punya menu khusus makan pagi, dengan harga miring, hihihi… ini dia yang kita cari! Saya pesan Paket A seharga HKD 34, terdiri dari Sup Makaroni dengan Ham & Abalone, telur mata sapi, butter bread plus kopi/teh susu.  Paket C HKD 33, isinya bihun kuah dengan potongan daging dan sayur asin, crispy bun with butter plus kopi/teh susu. Kenyang banget!

Sesuai nama besarnya, makanan di sini enak-enak, Tsui Wah sudah berdiri sejak 1967 lho..  Konon Milk Tea punyanya Tsui Wah adalah yang nomer 1 sejagat Hongkong, emang rasanya mantap sih! Jadi kalau main ke Hongkong kudu sekalian mampir sini, buat cobain Milk Tea dan Crispy Bun nya.

TW 20

Mau ngerasain sarapan enak ala lokal di Hongkong?
Mampir deh ke local chain food, selain harganya yang terjangkau, juga tersedia banyak pilihan makanan. Tempatnya luas, ber AC dingin dan nyaman, bikin betah berlama-lama, dibandingkan sama rumah makan lokal yang biasanya kudu sempit-sempitan.

Dan masih ada seabrek tempat makan enak lain yang saya kunjungin di Hongkong, tunggu postingan saya selanjutnya!

Sebelumnya:
(Hongkong 02 – Panda’s Hostel)

Berikutnya:
(Hongkong 04 – Nongkrong Cantik & Dessert Asik!)

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

← Previous post

Next post →

1 Comment

1. anthony

Thank you for your sharing.. . nice story of foodstuff. ..