Balik dari HongKong saya langsung lanjut ke Surabaya, jadilah lama ga nulis review deh, buat yang udah kangen, maapin yak! Sementara foto-foto makanan enak di HK belum sempet saya buka sama sekali, upload dulu yang masih fresh, makanan di Surabaya deh…

Jadi weekend kemaren itu, saya nemenin mertua pergi ke Surabaya, dalam rangka menengok adik ipar yang udah mau melahirkan. Dan diajaklah kita buat nyicipin makanan yang paling hitz dan fenomenal di Surabaya dalam 1-2 tahun terakhir ini, apa lagi kalau bukan BEATUS!

BEATUS ini terkenal sama kepitingnya, tentunya bukan sembarang kepiting, tapi kepiting jumbo yang dimasak dengan bumbu rahasia. Dan berhubung lagi kekinian banget, makan di sini kudu antri donk, alias harus reservasi dulu sebelumnya kalau ga mau kehabisan, wah jadi bikin tambah penasaran nih….

Seperti apa sih penampakan kepitingnya BEATUS?

Beatus 02 new

Tadaaaaa… Dan saya pun ternganga ngeliat ukurannya yang raksasa ini, apalagi pose kepitingnya aseli mengundang banget, hohoho….
So this is it, The Caramelized Butter Crab, the best taste crab ever, the first and the only one in Asia. Si kepiting dimasak dengan butter plus aneka rupa rempah rahasia Chef yang pastinya bikin ketagihannnn!!!

Beatus 08 copy

The Caramelized Butter Crab ini punya citarasa asin gurih, dengan bawang putih berlimpah yang dimasak bersama bacon, asiknya dimakan sama nasi, cocok pisan lah! Apalagi buat penggemar bawang-bawangan seperti saya, bener-bener makan sampai puas. Dan meskipun bernama caramel, tapi sama sekali ga pake gula lho… Jadi rasanya itu perpaduan antara manisnya kepiting dengan asin nya butter, plus harumnya bawang-bawangan, perfecto deh! Nah, setiap pembelian Butter Crab sudah termasuk sepiring nasi, tapi dijamin sepiring doank kurang dan kepengen nambah lagi, hahaha…

BEATUS

Kepiting Beatus ini dihargai sesuai dengan beratnya yang mungkin aja berubah sesuai dengan harga pasaran. Waktu kita makan di sana kemaren, harganya IDR 59k/ons untuk kepiting ukuran 400-699gr, IDR 65k/ons untuk ukuran 700-999gr, dan IDR 70k/ons untuk kepiting yang gedenya lebih dari 1kg.

Kepiting punya saya yang di foto  itu beratnya kurleb 800 gr, jadi harga seporsinya berkisar di IDR 500k++ Lumayan mahal juga ya, tapi puas banget makannya, terbayar lah sama kelezatannya. Secara kepiting saos padang atau kepiting goreng mentega udah terlalu biasa sekali, hahaha… sesekali kita perlu coba sesuatu yang luar biasa!

Beatus 04 new

Saya juga masih nyicipin Spaghetti Aglio E Olio (Beatus Original Style) IDR 68k, simple yet delicious. Spaghetti dimasak dengan Olive Oil, lalu diberi mushroom, bacon dan keju parmesan. Rasanya beneran sederhana, enak dimakan bareng sama kepiting.  Selain Beatus Original Style, masih ada pula Special Red Aglio e Olio, alias spaghetti versi pedasnya.

Beatus 06 new

Minumannya saya pilih Blueberry & Pear Juice, IDR 35k, jusnya dari buah aseli dan teksturnya itu super kental, ga kemanisan pula, suka deh! Beatus masih punya aneka rupa mixed juice lain seperti: Watermelon & Strawberry, Pear & Orange, juga fresh juice seperti Avocado, Watermelon, Orange “Navel” Pure, Honeydew, dan Strawberry. Harga rupa-rupa juice ini berkisar dari IDR 28-70k.

BEATUS

Jadi kalau mampir ke Surabaya, rasanya belum sah deh kalau ga sekalian nyicipin The Caramelized Butter Crab punyanya Beatus, dijamin ketagihan seperti saya! Duh pengen cepet-cepet balik Surabaya lagi nih…

Beatus 07 copy

BEATUS ~ Alfresco Dining & Grill
Loop, Plaza Graha Family 23,25,26,27
Jalan Bukit Darmo BVU, Surabaya
Phone:  087856840407
Jam buka: 11.00 – 22.00

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_