Rumah Makan Legoh

Belum sah deh jadi porky mania kalau belum pernah makan di Legoh!
Rumah Makan Legoh ini lokasinya di Jalan Sultan Agung no 9 Bandung, daerah yang rame dengan clothing distro. RM Legoh ini pun segedung dengan beberapa distro, termasuk salah satu distro favorite saya: Flashy, koleksinya cakep-cakep lho… boleh sekalian mampir ke sini kalau makan di RM Legoh.

Rumah Makan Legoh ini punyanya Om Leon, yang selain jago masak, juga jago gebuk drum, beliau adalah drummernya Koil juga Yamaha Drum Endorsee. Kalau liat orangnya yang gede dan nyeremin, pasti ga bakal nyangka kalau ternyata jago masak juga. Etapi walaupun tampak luar nge-rock banget, Om Leon aselinya baik hati dan panjang sabar lho… Bener kan Om?

Eh, memangnya di RM Legoh bisa membabi?
Bisa banget donk!!!! Soalnya mereka punya Menu Special! Menu ini tidak tercatat di menu umum RM Legoh, tapi hanya berupa secuil kertas lecek dengan tulisan super mini, yang somehow mengingatkan saya akan kertas contekan waktu SMA dulu, hohoho…. Si Menu Special ini kudu di request, dan setiap kali saya minta sama waitressnya, pasti deh nyodorinnya pake muka merona malu-malu gitu, ah kamu kenapa juga mesti malu gitu lho!

Rumah Makan Legoh

Hihihi… kesenangan terbesar makan di Rumah Makan Legoh, adalah mantengin si Menu Special ini! Menunya ga banyak, tapi dijamin bisa bikin terbang ke langit ke 7, serius! Makanya saya bilang, belum sah jadi Porky Lover kalau belum pernah cobain enaknya masakan Chef Leon! Setidaknya teman-teman yang pernah saya kasih tau soal RM Legoh, semua jadi ketagihan…

Rumah Makan Legoh

Dan… RM Legoh ini memang selalu ramai, apalagi di jam-jam makan, ga jarang kudu antri dulu baru bisa dapet tempat duduk. Padahal tempatnya cukup luas dan bisa menampung banyak orang lho, dibagi menjadi Non Smoking Area di bagian luar, sedangkan Smoking Area di bagian dalam, hahaha… terbalik dengan di tempat lain ya!

Rumah Makan Legoh

Inilah Nasi Goreng Babi Rica IDR 32k, sepiring nasi goreng dengan potongan daging babi yang garing, rasanya nano-nano ada asem asin pedes gitu deh, yang pasti bikin kamu ga bakal berpaling lagi ke nasgor lain, hohoho…. Menu Wajib Pesan!

Rumah Makan Legoh

Tadaaaa…. makanan apakah ini? Penampakannya memang sedikit ekstrim dan menyeramkan, nge-rock banget! Ini adalah Kwetiaw Babi Hitam IDR 32k. Biasanya setiap kali ke Legoh, saya pesan Nasgor Hitam, kali ini mau cobain si Kwetiaw Hitam ah! RM Legoh memang terkenal sama masakan hitam-hitam begini, warna hitamnya berasal dari tinta cumi. Jadi si kwetiaw goreng ini, selain mengandung potongan babi garing, juga ada cumi, komplit lah enaknya! Ayo pasti penasaran kan?

Rumah Makan Legoh

Biasanya menu wajib lain kita di sini adalah Bacuk alias Babi Cuka yang legendaris itu, babi cuka goreng dengan cita rasa khas Legoh. Tapi kali ini saya pengen coba Iga Babi Goreng Garing IDR 32k. Bakut goreng ini disajikan dengan sambal cabe yang super pedas plus semangkuk kuah sayur asin, nikmattttt disantap dengan nasi panas!

Rumah Makan Legoh

Untuk minumannya saya pesan Avocado Float IDR 20k dan Es Gunung Coklat IDR 20k, 2-2nya mantap! Buat para penggemar alpukat, RM Legoh juga punya Es Alpukat Kerok yang enak lho…. Pokoknya alpukat di Legoh selalu ngangenin deh!

Btw, keistimewaan lain dari RM Legoh yang patut saya acungi jempol adalah pemisahan antara Menu Halal dengan Menu No Halal. Jadi mulai dari peralatan masak, piring saji, sampai tempat cuci nya sekalipun berbeda dan ditempatkan terpisah. Salut banget!

Udah ga sabar pengen coba masakannya Chef Leon, tapi ga sempet keluar rumah? RM Legoh juga terima delivery service, tinggal telepon aja ke 022 – 4268108, lalu duduk manis nunggu kiriman datang, beres dah!

Rumah Makan Legoh

Rumah Makan Legoh
Jalan Sultan Agung no 9, Bandung
phone: 022 – 4268108
jam buka: 11.00 – 21.00

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

← Previous post

Next post →

26 Comments

  1. enak ni b2 disini, rasanya khas bgt dan nagih, sama kaya di sate babi warung made di cibadak, khas bali bgt bumbunya dan bikin nagih

  2. Kayaknya 2 comment diatas yg nulis penulisnya sendiri deh hehe

  3. Berhubung saya nggak temenan sama pak Budi Prayitno di Facebook, jadi saya coba jelaskan di sini saja ya….
    Saya Ratri, sebagai PR dari RM Legoh. Mengenai artikel tersebut, memang benar RM Legoh menyediakan menu ala Manado berbahan dasar babi. Bukan menu utama – karena menu2 utama kami seperti yg tertera di menu, sama sekali tidak mengandung babi.
    Menu2 non halal memang tidak tercantum di menu utama, karena itu adalah menu special, yang bisa dipesan ke waiter/pegawai kami. Bukan karena malu atau sembunyi2, karena memang bukan menu untuk umum.
    Tapi saya jelaskan di sini, bahwa menu2 special non halal di RM Legoh semuanya dimasak terpisah, mulai dari alat2 masak, piring2 penyajian, sampai tempat cucinya. Sehingga pelanggan2 kami tidak perlu takut, karena pegawai2 Legoh sendiri juga mayoritas muslim sehingga kami sadar betul pentingnya pemisahan halal & non halal.
    Jadi tidak perlu takut untuk datang ke RM Legoh untuk memesan makanan kami, insyaallah menu2 utama kami tetap halal tanpa tercampur dengan menu non halal. 🙂
    Semoga bisa menjelaskan…

    • Thanks Ratri buat penjelasannya 🙂

    • Usep M Sigih

      Kalau saran saya, untuk menghindari terjadinya masalah tersebut, sebaiknya minta sertifikat Halal dulu dari MUI, jika memang seperti yang dijelaskan Mbak Ratri tsb. di atas.. . Karena tdk tertutup kemungkinan pencampuran bekas makan tsb. juga ada, termasuk pemakaian panci, wajan dll karena kita sebagai konsumen tdk pernah tau apa yang terjadi di dalam dapur..

      jika pun punya niat yang sangat baik, alangkah baiknya restoran pun di pisah tdk di gabung menjadi 1 dapur…

      • Terima kasih atas sarannya, akan kami jadikan bahan pertimbangan di manajemen 🙂 Selama ini kami memang memisahkan sistem masak, penyajian, alat2 & tempat cuci, dan apabila ada pelanggan yg masih ragu, kami persilakan untuk datang ke RM Legoh dan meminta pegawai kami untuk menunjukkan dapur agar melihat sendiri pemisahan halal dan nonhalal nya 🙂

        • Mbak, sepertinya walaupun benar dipisah, tetap akan membuat pengunjung ragu. Karena bisa saja kan, misal saat beres2, waiter menumpuk piring bekas babi dan yang bukan. Waiter belum tentu hapal mana yang bekas babi atau bukan.

          Waktu teman2 tahu ada hidden menu, rasanya… kayak d boongin, hehe.
          Dan, waktu saya tahu ada hidden menu, rasanya, nyesel karena tahu, hehe.

          Saya baru dua kali ke legoh, dan sukas banget. Akan senang sekali bila memang ada pemisahan resto… Karena saya pribadi masih takut adanya pencampuran yang tidak disengaja.

        • Terima kasih utk jujur, kalo ada babi, krn kan dosa juga jk berbohong utk muslim, tp tetap saja sy tdk bisa mkn disatu tmpt yg sdh jelas ada B2nya, krn biarpun terpisah, tp namanya human error pasti ada, takut salah ambil daging hehe

    • kalo ingin aman ya cari tempat makan yang tidak menyajikan makanan haram… jadi sebaiknya meninggalkan yang ragu.. dan legoh bisa memasang menu babinya tanpa harus sembunyi-sembunyi…. terimakasih

  4. emoga pengelola dapat comitment dg semuanya, untuk selalu dapat menjamin kepada semua konsumen. Mungkin pengawasan internal perlu, alangkah baiknya seandinya antara waiter/ waitris. saling mengingat kan dg jelas kepada konsumen, kalau memang itu ada menu masakan yg tidak halal buat. Konsumen tertentu.

  5. Iya nih blm kesampean aja mau makan di Legoh.. skg kan udh buka lagi di pasar santa ya.. penasaran abis..

    • Ga akan pernah bersatu yang haram dengan yang halal… pilih salah satu mau jadi rumah makan halal atau haram…

  6. Sebaiknya RM Legoh memang mengurus serifikat halal agar konsumen tdk was was..dan dibuat saja 2 resto terpisah utk makanan halal n non halal, di resto non hala ditulis saja dg jelas bhw menyediakan menu masakan pork. Karena dlm ajaran Islam, yg haram dan halal tdk bisa disatukan.

  7. ifa wardiyono

    Sebaiknya dipisah saja RM nya… legoh halal dan legoh babi…
    kalau saya si tetEp ragu… pemisahan bs sempurna terjadi

    • Yes…! Setuju dipisah semua dg nama rm yg sama, agar jelas mana yg menu non-babi dan yg mana yg menu babi.

  8. Maaf ya mb Ratri, tanpa bermaksud menyinggung pemeluk agama selain Islam, prinsip ajaran Islam adlh biar bagaimanpun, hakekatnya tidaklah bisa dicampur antara khalal n kharam itu..
    Klo semisal tempatnya sdh terpisah, apakah juru masaknya, maupun petugas yg mencuci piring dsb .., juga berbeda/terpisah…?

    Dan setahu sy.. sbg org muslim itu tdk boleh memperjualbelikan dan atau terlibat suatu aktifitas yg tidak dikhalalkan dalam islam..dan atau aktifitas yg didalamnya tercampur antara yg khalal n kharam…

    • waduhh bikin resto beda aja deh,sekarang lagi hangat hangat nya neh di medsos tentang legoh tolong kami manajmen legoh untuk bikin hati kami tenang dan bisa menikmati masakan rumah makan legoh lagi

  9. Karena RM.Legoh sdh punya nama dan pelanggan,sebaiknya hanya menjual menu halal tanpa babi sama sekali.Pemisahan tdk akan dijamin 100%.Saat bhn2 diterima,disimpan dlm lemari pendingin,pendistribusiannya di dapur masing2 pasti akan tercampur sedikit atau banyak.Oleh karena itu sulit dijamin kehalalannya.
    Terimakasih

  10. Buat yang muslim, tinggalkan yang meragukan !!!

    Buat yang jual, silahkan ditulis di list menu yang jelas !!!
    bahwa ada menu daging babi !!!
    Sehingga tidak terkesan menjebak !!!

    sehingga yang muslim jelas tidak mampir di Legoh !!!

    Kecuali ada muslim sudah diperingatkan ada menu Daging Babi tetap mampir !!! Yang punya RM nggak bisa disalahkan !!!

  11. Kalau memang ada menu babi sebaiknya restoran sebaiknya jangan jadi hidden menu, karena ini pasti untuk menutup-nutupi. Kenapa perlu takut untuk terbuka, tidak ada larangan untuk menjual menu babi di restoran. Tapi kalau itu ditutup-tutupi malah membuat orang kecewa.

  12. ya seharusnya RM legoh mengurusi sertifikat halal dan di perlihatkan, supaya tdk ada keraguan

  13. anandhita puan

    Untuk muslim sebaiknya menghindari. Karena waiter atau waitress bisa sj melakukan kesalahan kerja atau memasak menggunakan peralatan bekas babi. Halal dan haram di tempat yg sama tidak mungkin bisa 100 percent terpisah. Salut Dan trimksh resto ini tidak berbohong atau menjebak. Trimksh infonya.

  14. @sikozzy

    And now…
    No more menu kecil lagi di sini.
    ;(

    Tapi ada menu baru, sapi cuka.
    Enaaaak!!!

    Ada atau engga si menu kecil, enaknya tetap sama.

    Happy belly, happy life.
    :)))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *