Setiap kali lewat resto yang satu ini selalu ramai terus, ga siang ga malem, jam makan ato bukan jam makan tetep aja penuh, bahkan sering kali lihat antrian sampe keluar. Akhirnya saya jadi penasaran donk, jual apaan sih?

Resto ini¬†lokasinya di jalan Oto Iskandardinata, dekat Jalan Simpang, jalan tembus ke Dewi Sartika pas di sebelahnya Grand Yogya Kepatihan. Biasa selalu ga merhatiin nama restonya, yang saya inget cuma warna kuningnya aja, soalnya emang ngejreng banget seluruh resto¬†luar dalem dicat warna kuning cerah. Ternyata namanya Alam Sunda dan sesuai dengan namanya tentu saja jualan makanan ala Sunda, ya iyalah….

AS 17 copy

Uniknya Alam Sunda ini pusatnya di Tanah Abang, Jakarta. Awalnya saya pikir cabang Cianjur, apa Tasik, apa mana gitu yang masih Jawa Barat, eh ternyata malahan cabang dari rumah makan Sunda di Jakarta, hahaha…

AS 00 copy

Begitu masuk resto, langsung terlihat tulisan besar: “Maaf, kami tidak menjual ayam kota, cukup ayam kampung saja!” Owh pantas saja banyak penggemar, ternyata ayamnya kampung, dan harga juga tidak mahal, IDR 16k/potong, bisa pilih dada atau paha.

AS 07 copy

Ini dia Menu Makanan dan Minuman di Warung Nasi Alam Sunda, tersedia banyak pilihan dengan harga ekonomis, mulai dari ayam, bebek, rupa-rupa ikan, cumi, udang, lele, belut, juga aneka sop dan soto, lalu macam-macam pepes, juga makanan khas Sunda lainnya seperti sayur asem, karedok dan urap. Komplit juga ternyata!

AS 06 copy

Sistem makan di sini modelnya semi prasmanan, kita bisa ambil sendiri semua lauk pauk yang diinginkan, lalu berikan pada pelayannya untuk digoreng/dibakar di tempat, dan kita tinggal menunggu pesanan diantar ke meja masing-masing. Jadi semua makanan di Alam Sunda dijamin masih panas from the wajan saat disantap, hohoho…

AS 02 copy

Dan kunci keberhasilan Rumah Makan Sunda selalu terletak pada sambalnya, Alam Sunda punya sambal spesial yang diberi nama Sambal Dower. Sampai dipasang peringatan besar: “Perhatian!!! Awas hati-hati pedasnya Sambal Dower!” plus bonus foto Mr. Bean yang lagi kepedesan, hahaha…. Bikin saya tambah penasaran saja nih!

AS 09 copy

Alam Sunda punya 2 jenis sambal, yang di depan adalah Sambal Dower dan yang di belakang adalah Sambal Tomat. Menurut saya, Sambal Dower nya enakkkk…. sambal didominasi oleh cabai dan bawang, dengan rasa yang pedas, tapi ga pedas banget sampai rasa asli sambalnya hilang, pas lah, pedas gurih enak gitu! Kalau Sambal Tomatnya tidak terlalu pedas, paduan antara cabai, bawang, tomat dan terasi, terasa lebih ringan dan dominan tomat.

AS 10 copy

Tersedia 2 tampah besar berisi aneka rupa lalapan, all you can eat! Cocok pisan lah buat kambing-kambing penggemar sayuran model saya. Mulai dari terong bulat, leunca, timun, kemangi, selada dan daun-daunan lain, silahkan pilih-pilih sesuai selera.

AS 20 copy

Dannn…. saya tidak makan di tempat, melainkan Take Away! Rasanya tidak enak hati kalau makan enak hanya sendirian saja dan tidak berbagi kenikmatan dengan penghuni rumah lainnya, hahaha…. Rasa ayam gorengnya maknyus, khas ayam kampung, cumi dan udangnya juga enak. Saya terutama suka sekali dengan tempe gorengnya yang wangiiiiiiii daun yansui alias Chinese parsley, unik lah! Asiknya lagi masih diberi keremesan yang melimpah ruah, plus tentu saja jadi terasa sempurna setelah semuanya itu dicocol ke Sambal Dower, sslluurrrpppp…

AS 08 copy

Warung Nasi Alam Sunda ini konon ternyata langganan para artis ibu kota, dan bisa kita lihat foto-fotonya di beberapa poster besar yang dipajang dalam resto. Tapi memang enak kok, rasa ga bisa bohong, hohoho…

AS 11 copy

Warung Nasi Alam Sunda
Jalan Oto Iskandardinata no 267, Bandung
phone: 087722383523

 

(helen ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_