Siang ini lagi kepengen makan sesuatu yang antik, jadi mampirlah kita ke Soleluna, spesialis makanan Spanyol. Soluna letaknya strategis di Jalan Sumatera, tidak jauh dari rel kereta api, tempat ngumpulnya aneka rupa resto dan cafe enak, tepatnya diapit oleh Export Station dan Brussels Spring.

SOL 10 copy

Sole = Sun dan Luna = Moon!
Soleluna punya bentuk bangunan yang khas, didominasi kaca dengan bingkai-bingkai kayu, tempat yang cocok untuk menikmati matahari dan bulan, sangat artistik! Sementara itu interior dalam resto juga penuh dengan aneka rupa poster unik yang dibingkai kayu.

SOL 07 copy

Soleluna terdiri dari 2 lantai, tersedia area indoor dan outdoor, silahkan pilih suka duduk di mana. Kebanyakan pengunjung senang duduk di lantai 2, dimana terdapat sofa-sofa yang nyaman, dengan view Jalan Sumatera yang rindang. Tapi berhubung siang tadi matahari sedang terik-teriknya, maka kami pilih duduk di bawah saja yang relatif lebih adem, hihihi…

Hhhmmm… kira-kira seperti apa sih Spanish food itu, langsung aja tengok pesanan makan siang kita barusan!

SOL 17 newTadaaaa…. ini dia PAELLA, si Spanish Rice dengan porsi yang ternyata betul-betul besar, untung cuma order 2 saja, hahaha….

Ada 6 pilihan rasa Paella, yakni: Marinera, Negroz, Mexicana, Con Pollo, A La Plancha, Chorizo Y Jamon, perbedaan terletak pada jenis nasi dan toppingnya. Tinggal pilih-pilih aja kira-kira mana yang ingin dicoba, atau kalau seperti kami bingung mau pilih yang mana, mari hompimpah atau capcipcup! Hihihi…

Sementara itu harga Paella tidak tergantung dari varian rasa, namun tergantung dari ukurannya. Terdapat 3 pilihan ukuran Paella: diameter 30cm harga IDR 100k, diameter 35cm harga IDR 115k, dan diameter 40cm harga IDR 140k. Sedangkan milik kami ini yang berukuran 35cm, konon cukup untuk 2-3 orang (dewasa berperut besar).

Note:
Kami sampai kewalahan menghabiskan 2 Paella ini, masing-masing hanya berkurang setengah saja dan sisanya kami bungkus, hahaha…

SOL 15 newPaella Marinera, Spanish Rice dengan udang pedas, kerang bumbu, calamari, dan sejenis perkedel ikan yang enak, plus disajikan dengan sayuran paprika, wortel, jamur champignon, dan edamame. Nasinya berwarna kuning, dengan citarasa asin gurih unik, jadi begini toh nasi ala Spanyol itu?

SOL 16 copyPaella Mexicana, Spicy Spanish Rice dengan daging sapi yang melimpah dimasak dengan kacang merah ala Mexico, diberi pelengkap telur puyuh goreng, sayuran seperti paprika, wortel, edamame dan jamur champignon. Yang satu ini enak sekali, nasinya harum rempah dengan rasa gurih pedas asik, mengingatkan saya akan Nasi Briyani atau masakan Timur Tengah. Yummy!

SOL 03 copyDan sebagai pelengkap di siang yang panas terik itu, kita pesan Ice Cream Liquor, alias es krim yang dicampur dengan minuman beralkohol. Ada banyak pilihan rasa seperti: Almond Amareto, Bailey’s, Black Russian Martini, Cherry Brandy, Creme de Cacao, Mojito, White Whiskey dan Lemon Vodka. Semuanya seharga IDR 32.5k untuk 1 scoopnya.

Pesanan saya yang sebelah kiri adalah Bailey’s dan sebelah kanan adalah Almond Amareto. Rasa es krimnya kombinasi antara manis, pahit, dan harum wine, pokoknya enak pake banget, a must try!
Dan saya pasti kembali ke Soleluna buat Ice Cream Liquour nya, hohoho…

SOL 20 copy

Soleluna
Jalan Sumatera no 28, Bandung
phone: 022 4232975
jam buka: 11.00 – 02.00

 

 

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_