PR 02 copy

Candi Prambanan selalu ada di hati…
Saya pernah mengunjungi Candi Prambanan waktu study tour SMP dulu, dan sejak saat itu saya langsung jatuh cinta. Bagi saya Prambanan adalah candi yang paling indah, dengan arsitektur tinggi menjulang, terasa sekali keanggunan dan kecantikannya.

PR 05 copy

Akhirnya setelah 20 tahun, kesampaian juga kembali lagi ke Candi Prambanan, yang tetap terasa begitu mempesona dan saya pun lagi-lagi jatuh cinta, hahaha….

PR 01 copy

Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang, dibangun pada abad ke 9 Masehi dan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti (3 dewa utama Hindu) yaitu Brahma (dewa pencipta), Wishnu (dewa pemelihara) dan Siwa (dewa pemusnah).

PR 09 copy

Alkisah Bandung Bondowoso berhasil menaklukan Kerajaan Baka dan membunuh Prabu Baka. Namun ia terpikat pada kecantikan sang putri Rara Jonggrang dan berniat memperistrinya.

PR 04 copy

Rara Jonggrang memberi syarat 1000 candi dalam 1 malam. Bandung Bondowoso dibantu dengan para makhluk halus berhasil menyelesaikan 999 candi. Sang Putri yang panik meminta dayang dan perempuan desa untuk menumbuk padi, maka para makhluk halus yang mengira matahari akan segera terbit ketakutan dan bersembunyi masuk ke dalam bumi. Akhirnya misi gagal, dan Bandung Bondowoso yang sadar telah diperdaya sang Putri, mengutuk Rara Jonggrang menjadi arca terindah untuk menggenapi candi terakhir.

PR06 copy

Bandung Bondowoso juga mengutuk semua gadis yang membantu Roro Jonggrang akan menikah di usia lanjut. Legenda ini pun akhirnya berkembang menjadi mitos bahwa setiap pasangan kekasih yang berkunjung ke Candi Prambanan akan putus.

PR 13 copy

Apapun kisah, legenda dan mitos dibalik candi Prambanan, bagi saya tetap punya tempat spesial di hati, akan selalu jadi yang tercantik!

PR 12 copy

PR 10 copy

 

 

Sebelumnya:
Yogyakarta (Part 1) ~ Tawur Agung Kesanga 2015

Berikutnya:
Yogyakarta (Part 3) ~ Makan apa di Malioboro? 

 

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_