Ehm, sebenarnya selain foto makanan, ada 1 lagi kesukaan saya, yaitu foto festival! Dan kebetulan sekali waktu kita ke Penang awal tahun 2013 dulu, bertepatan dengan Festival Thaipusam. Begitu tau pas di sana ada festival, rasanya seneng banget, langsung deh saya geser-geser itinerary di Penang, supaya bisa ikutan ngeramein festival ini, hihihi…

Thaipusam merupakan salah satu festival Hindu yang biasanya dirayakan oleh komunitas Tamil, memperingati pemberian tombak Vel oleh Parvati kepada Murugan, sehingga ia bisa mengalahkan iblis Soorapadman, kurang lebih begitu ceritanya.  Biasanya festival ini jatuh di antara bulan January dan February, yang ditentukan berdasarkan penanggalan Tamil.

Nah, dalam rangka festival Thaipusam yang tahun ini diperingati tanggal 3 February 2015, saya tampilkan sebagian foto saya di Penang, enjoy!

Sehari sebelum festival, ada upacara sembahyang dan penyucian jalan yang keesokan harinya akan dilalui oleh pawai arak-arakan. Acara dimulai dengan tari-tarian, dari tarian India sampai Barongsai ikut meramaikan, kemudian disusul dengan penyucian jalan yang akan dilewati oleh pawai.

AA010

Ratusan buah kelapa yang telah disiapkan sebelumnya di sepanjang jalan, akan dipecahkan. Semua orang turut serta memecahkan kelapa, caranya dengan melempar kelapa ke tengah jalan, hingga airnya keluar membasahi jalan. Banyak wisatawan juga yang ikut meramaikan, termasuk juga saya, seru!

AA08

Berikutnya kereta pawai akan lewat, dan peserta sembahyang berebutan menghampiri pendeta untuk menyampaikan doa dan persembahan mereka.

AA006 thaipusam

Demikianlah prosesi di hari H-1 sebelum Thaipusam, acara ini berlangsung di pusat kota dekat Komtar. Dan banyak stand makanan dan minuman gratis di sekitar tempat acara, tentu saja bikin saya tambah semangat lagi, apalagi yang disajikan makanan khas India sana, eksotik!

Sementara itu pada hari Thaipusam, perayaan dipusatkan di Arulmugu Balathandayuthapani Temple di Jalan Kebun Bunga (Hilltop Temple), lumayan agak jauh dari pusat kota. Tapi angkutan umum di Penang sangat praktis, ga susah buat menuju ke sana.

AA03 thaipusam

Sepanjang jalan menuju kuil banyak bertemu dengan bayi-bayi lucu berkepala pelontos. Dan belakangan baru tahu, ga cuma bayi saja, banyak juga anak-anak bahkan orang dewasa yang mencukur habis rambutnya, ternyata ada kepercayaan pada hari Thaipusam mencukur rambut untuk melepaskan nazar. Di atas kepala mereka ditaburi serbuk cendana yang tampak berwarna kuning.

AA007 thaipusam

Semakin dekat ke kuil, pemandangan yang dilihat semakin menakjubkan alias menyeramkan. Banyak orang yang melukai diri sendiri, dengan menusuk-nusuk badan, mungkin serupa dengan atraksi debus di Indonesia. Tujuan mereka adalah menyiksa diri untuk memohon ampun.

AA005 thaipusam

Saya menyaksikan langsung dari dekat upacara penusukan ini. Mereka yang ditusuk sepertinya dalam keadaaan tidak sepenuhnya sadar, sambil menghirup semacam rokok, dengan mata memerah dan teriakan, aura mistik terasa begitu kuat, serammmm…

AA02 thaipusam

Ada yang punggungnya penuh dengan gantungan kelapa besar-besar, ada pula yang penuh dengan kaitan bertali, sementara tali-tali nya ditarik oleh para pengikutnya. Terus terang melihatnya bikin ngilu!

AA04 thaipusam

Festival Thaipusam di Penang memberi pengalaman baru bagi saya, sangat berharap bisa melihat festival budaya unik lainnya dari belahan dunia yang lain. Xoxo 🙂

 

 

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_