Anak-anak suka sekali dimsum, dan salah satu makanan kesukaan mereka adalah pangsit goreng. Jadi sebagai mama yang baik yang selalu berusaha menyenangkan hati anak-anak #lebay, hari ini saya bikin pangsit goreng isi udang special jumbo size! Langsung aja simak resepnya berikut ini….

Note: sebenarnya 1 kg daging bisa membuat lebih dari 100 pangsit ukuran normal, tapi berhubung saya bikin yang ukuran jumbo jadi cuma 60 pangsit saja.

P06

Bahan:
3 pak kulit pangsit goreng (@250gr) – kurleb 60 lembar
500gr daging cincang
500gr udang kupas (kurleb dari 1kg udang)
2 butir telur ayam
3 batang daun bawang, iris
5 siung bawang putih, haluskan
3 sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin
1 sdt kecap ikan
garam
merica

P01 copy

Cara membuat:
1. Cuci bersih udang, dan pisahkan 60pcs untuk isian pangsit
2. Cincang kasar sisa udang
3. Campurkan udang cincang dengan daging giling, lalu tambahkan bawang putih, irisan daun bawang, minyak wijen, kecap asin, kecap ikan, garam merica, juga kuning telur (putihnya akan kita gunakan untuk merekatkan kulit pangsit nanti)
4. Aduk adonan isi sampai rata
5. Siapkan kulit pangsit, isi dengan 1 sendok adonan plus 1 buah udang, lalu lipat salah satu ujungnya dan gulung, kemudian balik ujung kiri kanan dan rekatkan dengan putih telur
P02 copy
6. Demikian selanjutnya sampai seluruh adonan selesai dibuat, supaya puas makannya (dan yang paling penting cepat selesai bungkusnya), saya buat pangsit udang special yang ndut alias big size, liat deh montok-montok kan? hihihi…
P03 copy
7. Goreng pangsit dalam minyak panas dan banyak sampai terendam seluruhnya, begitu warna berubah keemasan langsung angkat, supaya tidak overcooked dan isi pangsit tetap juicy.
8. Pangsit udang goreng (jumbo) pun siap dihidangkan

P05 copy

Pangsit Udang Goreng ini nikmat sekali dicocol ke saus lemon-mayo-mustard. Cara buat sausnya: aduk rata 4 sdm mayonnaise + 1 sdt mustard + 1 sdt air lemon, jadi deh!