OQ08 copy

Ehm.. setelah sekian lama belum juga kelar nulis kelanjutan cerita di Hanoi and hampir saja terlupakan, kali ini saya mau bagikan sedikit kisah mengenai Old Quarter, ya seperti biasa dicicil dikit-dikit ceritanya..

Old Quarter adalah bagian paling happening, paling rame, pusat kota, pusat segalanya di Hanoi. Dan hari itu kita khususkan buat muter-muter di Old Quarter, blusukan ke gang-gang, nyobain makanan enak di sana, juga sempet lihat prosesi ini itu, mulai dari acara jemput pengantin sampe arak-arakan yang meninggal, komplit dah!

Nah di Old Quarter ini juga ada beberapa obyek wisata terkenal di Hanoi, salah satunya adalah katedral. Ini adalah St Joseph Cathedral, dibangun pada abad ke 18, merupakan bangunan peninggalan dari kolonial Perancis. Megah dengan gaya gothic nya, sayang sekali kita kesana Sabtu malam dan kemudian Minggu pagi, waktu sedang berlangsung misa, jadilah tidak bisa masuk ke dalam, dan melihat interior katedral yang katanya keren.
OQ15 copy

Dari St Joseph Cathedral kita melangkah menuju Hoan Kiem Lake, untuk melihat si Jembatan Merah – The Huc yang terkenal itu. Sebelum masuk jembatan, kita akan melalui beberapa gerbang indah berarsitektur China yang bertuliskan huruf Han dengan ukiran gambar binatang.

OQ09 copy

OQ02 copy

Jembatan ini menghubungkan tepian danau dengan Ngoc Son Temple yang terletak di tengah danau. Jembatan Merah yang cantik, banyak orang lokal sengaja datang untuk berfoto di sini, termasuk mereka yang bikin foto prewed. Namun saking ramenya orang, ditambah teriknya matahari, aseli bikin saya segan buat foto-foto, hahaha… *yang akhirnya saya sesali sekarang!

OQ13 copy

Naik jembatan dan foto-foto di sini gratis, namun kalau ingin masuk ke dalam kuil Ngoc Son, kita harus membeli tiket seharga VND 20k. Kuil Ngoc Son sebenarnya cuma kuil biasa seperti kebanyakan kuil tempat sembahyang.

OQ14 copy

Kuil ini didominasi warna merah, bentuknya kecil dan sederhana, tidak istimewa, namunĀ ramai denganĀ orang lokal yang datang bersembahyang ke sini.

OQ04 copy

Daerah Hoan Kiem Lake, sekitar Jembatan Merah, merupakan sentra penjualan souvenir khas Vietnam. Hampir semua toko menjual barang yang serupa, tinggal pintar-pintar kita menawar, untuk mendapatkan harga yang paling murah.

OQ06 copy
Eh, di tengah danau Hoan Kiem juga ada Thap Rua (Tortoise) Tower, pagoda 3 lantai yang eksotik. Sesuai dengan kepercayaan setempat, pagoda ini dibangun untuk menghormati kura-kura raksasa penunggu danau, yang konon sesekali akan naik ke permukaan dan membawa keberuntungan bagi barangsiapa yang melihatnya. Apabila malam tiba Turtle Pagoda ini diterangi lampu warna warni, cantik sekali!

OQ16 copy

 

Sebelumnya:
Hanoi (Part 7) – Ba Dinh Square

Berikutnya:
Hanoi (Part 9)