Kijang Mas Culinary Class

Imagine…
Making something delicious
with your own hands…

Dan hadiah Natal kedua tahun ini adalah Free Assorted Dessert Culinary Class, persembahan special dari @PergiDulu dan @kmcc_braga. Wohooo… so excited!

Buat yang suka bikin kue pastinya sudah tidak asing lagi dengan Kijang Mas, supplier bahan dan peralatan kue, yang terbesar dan terlengkap di kota Bandung. Nah, Kijang Mas juga punya Culinary Class, alias kursus bikin kue, pastry dan sejenisnya. Bertempat di Braga Citywalk lantai 2, tepat di sebelah Bioskop 21, tempatnya asli keren banget!

K10 copy

Kebetulan belakangan ini saya lagi suka nonton Master Chef Australia, sambil ngebayangin asiknya masak-masak di sana. Dan bagaikan mimpi jadi kenyataan, hari ini dapat kesempatan buat bikin kue dengan peralatan modern di KMCC Braga, beneran berasa seperti sedang ikutan MasterChef. Di sini setiap peserta punya work station masing-masing, dengan peralatan yang modern dan komplit. Akhirnya pernah nyobain masak pakai peralatan canggih, yang biasanya cuma bisa dilihat saja.

Sejujurnya ini kali pertama saya bikin kue. Pas dapet penawaran kursus gratis bikin kue, perasaannya antara senang dan galau. Senang karena bisa nambah ilmu belajar bikin kue, jadi bisanya ga cuma makan kue doank. Tapi di sisi lain galau juga, soalnya ga pede, saya bener-bener buta soal kue-kuean begini, oven aja ga punya, takutnya pas kursus keteteran dan malu-maluin. Duh!

So hari ini dengan dag dig dug saya melangkah masuk ke dalam ruangan kelas tempat belajar. Untung Chef Idwan yang bawain kursus, orangnya ternyata asik, keteganganpun langsung cair. Para peserta bisa sambil ngopi atau ngeteh, dan suasana kursus serius tapi santai, ah ini dia yang saya suka!

Hari ini kita akan belajar membuat Choux & Eclair, alias kue sus dan berbagai variasinya. Pertama-tama Chef Idwan memberikan pengenalan bahan, diteruskan dengan cara pembuatan. Setelah itu setiap peserta dipersilahkan untuk langsung mencoba membuat sendiri. Di sini kita tidak perlu lagi repot-repot menimbang bahan-bahan, karena semuanya sudah disiapkan dengan rapi. Tinggal ikuti saja step by step cara pembuatan sesuai dengan yang sudah dijelaskan oleh Chef.

Saya suka dengan sistem “hands on” di KMCC Braga, dengan mencoba praktek sendiri pastinya memberikan pengalaman pribadi yang lebih berharga daripada sekadar melihat atau mendengar. Pengalaman adalah guru yang terbaik!

K08 copy

Chef Idwan juga sangat komunikatif, dengan ramah dan sabar beliau menjawab semua pertanyaan, juga tidak segan-segan turun tangan membantu. Ternyata bikin kue seru banget dan tidak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya.

K09 copy

Ini adalah suasana dalam kelas tempat Culinary Class, ruangannya besar dan nyaman, dilengkapi dengan TV di tiap sudut dan cermin besar. Pokoknya tidak perlu khawatir tidak kelihatan, karena segala sudut aktivitas chef bisa terlihat dari cermin maupun layar TV.

Di sini kita belajar bagaimana cara membuat kue sus, beserta 4 varian vla, diantaranya: Vanilla, Chocolate, Coffee dan Green Tea. Juga belajar membuat sus ala Singapore yaitu sus yang ditutup dengan puff pastry.

K15 copy

Setelah sus matang, tinggal diberi isian, lalu dicelupkan dalam saus dipping sesuai vla isiannya. Dan sus keren pun jadilah, saya sampai tidak percaya itu semua hasil karya sendiri, hihihi…

K18 copy

Ternyata kecemasan saya tidak terbukti, saya bisa mengikuti dengan baik dari awal sampai selesai, hasilnya juga tidak mengecewakan. Malahan kepercayaan diri saya jadi meningkat. Bikin- bikin kue, siapa takut?
Hhhmmm… berharap Hadiah Natal ketiga tahun ini adalah oven, supaya bisa baking di rumah, dan tentunya langsung praktek bikin kue sus sendiri.

So, buat para amatiran seperti saya, tidak perlu khawatir keteteran, karena di KMCC Braga ini, semuanya dijelaskan dengan sangat jelas step by step dan langsung coba praktek sendiri.
Asiknya lagi masih ada sesi tanya jawab setelah selesai kelas, dimana kita bisa bertanya lebih jauh mengenai pengembangan dan variasi yang bisa dibuat, cocok deh buat mereka yang ingin memulai usaha di bidang perkuean.

Jaman sekarang, penting banget punya keahlian, baik itu sekadar iseng buat sampingan nambah-nambah uang dapur, ataupun jadi usaha utama. Bukan tidak mungkin kalau digeluti secara serius bisa sukses besar, apalagi usaha kuliner sedang booming.

Langsung saja add FB: Kijang Mas Culinary Class dan cek jadwal culinary class di sana, siapa tahu ada kursus bikin makanan kesukaan kamu!

K21 copy

Kijang Mas Culinary Class
Braga Citywalk Lt II – 06
Jl. Braga no 99 – 101, Bandung
phone: 022 – 91226300
email: kmccbraga@gmail.com
Facebook: www.facebook.com/kmccbraga
Twitter: @kmcc_braga

 

 

← Previous post

Next post →

1 Comment

  1. Dayangku fauziah

    Jika ingin mengikuti krusus membuat roti bagaimana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *