Sesuai rencana, hari pertama ini kita bakal muterin Hanoi buat nyambangin beberapa spot wisata dengan berjalan kaki saja. Setelah mengunjungi Temple of Literature / Van Mieu, kita beranjak ke lokasi berikutnya yaitu Ba Dinh Square dan sekitarnya. Eh tapi mumpung sekalian lewat, mampir juga donk ke Lenin Park dan Flag Tower, buat sekadar foto narsis, hehehe…

H08 copyLenin Park ini cuma taman kecil berbentuk segitiga di persimpangan jalan, mirip sama taman-taman yang ada di Bandung. Yang bikin jadi spesial, di sini ada patung Lenin yang menjulang tinggi, ganteng dan gagah!

H02 copySementara itu Flag Tower terletak tepat di depan Lenin Park, dibangun pada tahun 1812 dan merupakan salah satu simbol dari kota Hanoi. Tepat di bawah Flag Tower ada Highland Coffee, dan kita sempat ngopi-ngopi cantik di sini. Edisi makan-makan di Hanoi akan saya bahas terpisah yak…

H01Tiba di Ba Dinh Square ternyata tutup, sekelilingnya dipagari dengan seng mungkin sedang renovasi, jadi kita tidak bisa masuk ke dalam lapangannya, dan terpaksa mengambil foto gedung HoChiMinh Mausoleum dari kejauhan saja. Ba Dinh Square dan HoChiMinh Mausoleum ini mengingatkan saya akan TianAnMen Square dengan Mao’s Maosoleum nya di Beijing, bentuknya hampir serupa, sepertinya sesama negara komunis saling menginspirasi.

Untungnya kita sempat berputar ke bagian belakang, dan kebetulan ada pasukan yang sedang latihan pengibaran bendera, lumayan lah buat nambah koleksi foto.
H14new

Dan berikutnya kami pun menuju One Pillar Pagoda, yang sebenarnya masih satu area, di peta terlihat bersebelahan, tapi kok tidak ketemu juga. Akhirnya setelah berputar-putar dan bertanya dengan bahasa tarzan, ternyata dari tadi kita sudah melewatinya. Cuma lagi-lagi karena sedang renovasi, di sekelilingnya dipagari dengan seng, jadilah tidak kelihatan.

H15 copy

One pillar pagoda ini sebenarnya cuma sebuah kuil kecil Buddha yang berdiri di atas 1 tiang dan dibangun di tengah kolam lotus.

Di sekitar sini masih ada Museum HoChiMinh, tetapi karena kita bukan penggemar museum, barang antik dan sejenisnya, jadilah cukup ambil foto di depannya saja tidak masuk ke dalam.

H09 copy

Tepat di seberang Ba Dinh Square, ada sebuah gedung yang unik dengan design futuristik, merasa tertarik sayapun mengambil foto. Tiba-tiba terdengar suara “Priiittttttt”, kena tegur penjaga deh, hihihi… dasar turis nekad!H06 copyPenasaran sayapun mengecek nama gedung ini di Google Maps, ternyata bangunannya tanpa nama. Akhirnya googling sana sini sini dan menemukan ini adalah new National Assemby Buliding, alias gedung pemerintahan yang baru, pantas saja tidak boleh difoto.

Di sebelah utara dari Ba Dinh Square, ada Presidential Palace. Gedung cantik nan megah berwarna kuning ini adalah bekas gedung pemerintahan Gubernur Perancis waktu menjajah Vietnam. Btw, selama kunjungan saya di Hanoi, suasana di sini selalu berkabut, padahal udara tidak dingin, lumayan lah jadi buram-buram begimana gitu dan berasa keluar negeri.
H05

Selanjutnya kita juga melewati Imperial Citadel of Thang Long, yang merupakan salah satu World Heritage Site. Bangunan istana raja ini dibangun pada abad ke 11 pada dinasti Ly Viet.
H07

Demikianlah perjalanan kita hari ini mengitari Ba Dinh Square, pusatnya kota Hanoi. Banyak obyek wisata berdekata, semuanya menarik, punya nilai sejarah, dan yang terutama gratis.

Sebelumnya:
Hanoi (Part 6) – Temple of Literature

Berikutnya:
Hanoi (Part 8) – Old Quarter