Obyek wisata pertama yang kita kunjungi begitu tiba di Hanoi adalah Temple of Literature. Kota Hanoi tidak terlalu besar, dan obyek wisatanya berdekatan jadi bisa ditempuh cukup dengan berjalan kaki saja. Cerita mengenai kota Hanoi akan saya bahas terpisah yak.

Temple of Literature atau Van Mieu adalah universitas pertama di Vietnam, dibangun pada tahun 1070, merupakan sebuah Confucius Temple. Mendapat banyak pengaruh kebudayaan China, dapat dilihat dari penggunaan huruf Han di berbagai tempat. Temple ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 5 sore, masuk dari jalan Quoc Tu Giam, dengan tiket seharga VND 20k.

Z004 copy

Kebetulan hari itu bertepatan dengan Hari Guru, sepanjang perjalanan dari Airport ke Hotel, setiap melewati bangunan sekolah, pasti dipenuhi dengan para siswa yang membawakan seikat bunga untuk gurunya.

Z008 copy

Demikian pula suasana di Temple of Literature sangat ramai, banyak rombongan siswa yang datang ke sini, sepertinya untuk merayakan kelulusan. Pria dalam stelan jas resmi dan wanita berdandan cantik dalam ao dai. Kebanyakan orang sini punya perawakan kurus kecil, sangat jarang mendapati yang gemuk besar, hahaha…
Z013 copy

Temple of Literature dibangun menyerupai arsitektur klasik China, terdiri dari beberapa gerbang, dengan susunan bangunan yang simetris kiri dan kanan, mengingatkan saya akan formasi Forbidden City dalam skala kecil. Pada uang kertas VND 100k, terdapat gambar gapura merah di depan kolam Well of Heavenly Clarity ini.

Z009 copy

Di dalam Temple of Literature juga terdapat deretan toko souvenir yang menjual souvenir khusus Temple of Literature, seperti pembatas buku, kalung dan sejenisnya yang tidak bisa kita dapatkan di luar. Souvenir di sini kental dengan budaya China, khususnya dalam penggunaan aksara Han.
Z007 copy

Masyarakat Vietnam menganggap kura-kura sebagai binatang yang sakral. Terdapat prasasti di punggung kura-kura yang bertuliskan nama para lulusan terbaik dari Temple of Literature.

Z0030 copy

Dan berdasarkan kepercayaan, mengelus kepala patung kura-kura di sini dapat membuat kita sukses dalam pendidikan dan cepat lulus sekolah. Seperti para wisudawan berbahagia hari ini. Selamat ya, dik.. akhirnya lulus juga!

Z031 new

Jika berkunjung ke Hanoi, jangan lupa mampir ke Temple of Literature.
Cukup berjalan kaki kurang lebih 2km ke arah barat dari Hoan Kiem Lake, dan anda dapat merasakan suasana universitas tempo dulu, wajib pergi!

Z011 copy

Temple of Literature
Van Mieu, Dong Da
Hanoi

Sebelumnya:
Hanoi (Part 5) – Oleh-oleh Hanoi

Berikutnya:
Hanoi (Part 7) – Ba Dinh Square