Waktu diminta Susan @PergiDulu untuk bikin artikel dengan topik “paling suka masak apa”, mendadak jadi mikir sebenernya saya paling suka masak apa ya?
Hmmm…. saya tahu jawabannya: Masak apapun yang anak-anak suka!
Bagi saya menjadi kepuasan dan kenikmatan tersendiri, setiap ngeliat anak-anak pulang sekolah dan makan dengan lahap, apalagi bonus pujian: “Masakan mama enak, ini gimana masaknya?” Duh.. berasa terbang ke langit ke-7, hihihi…

Dan saya adalah mama paling beruntung, karena kedua anak saya doyan makan, mereka relatif ga pilih-pilih makanan. Mungkin karena sejak kecil saya biasakan mereka makan apapun, dan tentunya faktor genetik dari papa mamanya yang ga bisa berenti makan ini! Mulai dari makanan Sunda, Chinese, Western sampai India aja anak-anak suka, apalagi aneka macem snack seperti kue dan puding, doyan banget dah!
Eh tapi ada 1 masalahnya, berhubung doyan makan, jadi suka request ini itu, langsung mendadak puyeng klo dari mulut anak-anak keluar kalimat mutiara ini: “Ma, nanti bikinin yang seperti begini donk di rumah…”
Glek! Ok baiklah, mama googling dulu cari resepnya ya… *edisi nyenengin anak

Urusan cari mencari resep ini, sebenarnya gampang-gampang susah, ada begitu banyaknya situs resep di dunia maya. Saya belakangan ini lagi demen baca kumpulan resep di www.bacaresepdulu.com. Pertama suka sama pengkategoriannya, misal klo lagi pengen masak tempe, tinggal pilih”Resep Tempe”, praktis banget! And kedua suka sama detail di setiap resep, ada keterangan waktu persiapan, waktu memasak, saran penyajian, lengkap dah! Tinggal disesuain sama waktu yang tersedia (maklum emak-emak rempong) dan jumlah porsinya tinggal dikaliin aja buat keluarga besar (maksudnya 2 dewasa + 2 anak dengan perut besar, hehehe…).

Seperti ketika anak-anak request, “Udang goreng mayonaise yang seperti di restoran itu lho, Ma.. “. Sebenarnya sering juga saya masak udang goreng, tapi biasanya langsung disajikan pake saus mayonaise siap pakai itu. Enak sih, cuma kata para boss di rumah, ga sama dengan di restoran.
Untung nemu resep ini: www.bacaresepdulu.com/resep-udang-mayonnaise/
Yuk mari kita coba….

Berikut resep “Udang Goreng Mayonaise” plus sedikit modifikasi dari saya dan tentunya penyesuaian ukuran porsi.

Bahan:
1 kg udang ukuran besar
1 buah lemon, peras airnya
1 butir telur ayam, kocok
1 siung bawang putih, haluskan
garam & merica

Udang 04a
Bahan Adonan Kering:
100gr tepung terigu
30gr tepung maizena
garam, gula & merica

Bahan Saus:
5 sdm mayonaise siap pakai
2 sdm susu kental manis
1 sdt mustard
1 buah lemon, peras airnya
2 sdm wijen, sangrai sebentar

Cara membuat:
1. Kupas udang, sisakan ekornya, lalu cuci bersih, biasanya saya gunakan sedikit garam untuk menghilangkan bau amis
2. Beri garam, merica, air perasan lemon dan bawang putih halus, aduk rata lalu biarkan kurang lebih 30 menit sampai bumbu meresap
3. Sementara itu kita buat adonan kering untuk lapisan udang, campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam, merica, tambahkan sedikit gula atau kaldu sesuai selera
4. Celupkan udang ke dalam kocokan telur, lanjut masukkan dalam adonan kering, remas-remas dan ketuk-ketuk, lalu sisihkan, demikian satu per satu sampai udang habis.
5. Biasa saya simpan dulu kurang lebih 15 menit dalam lemari es, sampai adonan lapisan melekat pada udang, supaya pada saat digoreng nanti, terigu tidak berceceran dalam minyak dan jadi hitam.
6. Panaskan minyak, goreng sebentar udang dalam minyak panas, begitu terlihat menguning langsung angkat untuk menghindari overcooked. Udang yang dimasak terlalu lama akan berubah citarasanya, jadi keras tidak juicy lagi.
Udang 03 copy

7. Untuk sausnya tinggal campurkan mayonaise, mustard, susu kental manis, dan air lemon, lalu aduk rata
8. Siramkan saus ke atas udang goreng, lalu beri taburan wijen, atau tempatkan saus di wadah terpisah, tidak diaduk supaya tampak lebih rapi dan udang tetap garing walau tidak langsung disantap
9. Udang goreng mayonaise ala resto pun siap untuk dihidangkan!

Udang 02b

Dan inilah bagian yang paling saya nanti-nantikan…
Apa komentar anak-anak?
Christo: “Sausnya lebih enak daripada restoran punya”
Jaden: ” Buat nanti sore masih ada lagi kan?”

Syukurlah lolos ujian dari para juri kita hari ini, hihihi….
So, inilah “Udang Goreng Mayonaise” ala Resto!

Udang 05 copy

Tunggu resep lain masakan kesukaan keluarga kita ya….