Glamping Seru di Grafika Cikole Lembang

Belakangan ini mendadak banyak banget long weekend, hampir semua tanggal merah jatuhnya di hari Jumat atau Senin, menyebabkan long weekend silih berganti sambung menyambung, rasanya jadi kepengen pegi mainnnnn terus-terusan, holiday mode on, hahaha….

Nah, long weekend April kemaren, kita sekeluarga pergi maen ke Lembang, setelah sekian lama tidak pernah menginjak Lembang karena udah takut duluan sama macetnya, akhirnya kesampean juga nih…. Dan ternyata kalau berangkat pagi, jalanan lancarrrrrr lho, kaga macet sama sekali, padahal sih ga pagi pagi amat, dari rumah sekitar jam 8 an lah.

Ceritanya kepengen ajak anak-anak melihat Tangkuban Perahu dan Ciater, tujuan wisata favorite jaman papa mamanya masih kecil dulu. Dan kebeneran banget, mereka berdua memang belum pernah main ke sana, yuk mariiiiiiiii capcus.

Tangkuban Perahu masih tetap mempesona seperti dulu, walaupun ramai pengunjung tetap punya daya tarik tersendiri yang bikin jatuh cinta. Saya pribadi suka banget sama ambience di sana, udara dinginnya, kabutnya, pemandangan kawah beserta asap-asapnya, juga aroma khasnya, hahaha….  Intinya menyenangkan sekali pergi ke Tangkuban Perahu, ga mirip di Indonesia, berasa ada di Korea atau Jepang gitu deh, dingin dingin asik!

Dari Tangkuban Perahu kita mampir ke Ciater. Kalau Ciater ini aseli padattttt, rasanya ada begitu banyak orang bejubel di sana, jadi terasa kurang nyaman, mungkin karena long weekend ya… Tempatnya juga agak-agak kurang bersih gimana gitu, jadilah kita cuma sebentar aja di sini, cukup tau dan lihat-lihat aja.

Liburan kali ini kita menginap di Grafika Cikole Lembang, yeay! Setelah pernah beberapa kali mendengar cerita keseruan teman-teman menginap di sana, plus cerita anak-anak yang ketagihan main di sana waktu outbond bareng sekolahan. Akhirnya saya putuskan untuk mengisi liburan dengan menginap di tengah hutan pinus Grafika Cikole, so excited!

grafika 09

Begitu sampai di Grafika, kita pun check in, dan diantar menuju pondokan tempat menginap nanti. Kita berjalan membelah hutan pinus, dengan pemandangan pohon tinggi yang hijau-hijau adem di sepanjang jalanan menuju pondokan, langsung sukaaaa…..

grafika 02

Tadaaaa… Inilah dia penampakan Urban Glamping, pondok wisata alam terbaru milik Grafika Cikole. Glamping merupakan singkatan dari Glamourous Camping, alias camping mewah. Sesuai dengan namanya, camping ala glamping ini tidak pakai repot dan ribet, karena semua fasilitas sudah tersedia lengkap. Ga perlu bangun tenda, ga perlu pakai sleeping bag, ga perlu takut kotor, tinggal hepi-hepi aja deh pokoknya. Tapi tentu saja tetep dapet suasana dan sensasi nginep di hutannya, karena si pondokan ala glamping ini ditutup dengan atap terpal besar ala tenda.

grafika 01

Pondokan Urban Glamping terletak di dataran paling tinggi Grafika Cikole. Kamarnya nyaman dengan 2 ranjang ukuran super king size (2 meter x 2 meter), aseli mewahhhh, hahahaha….  Lantai kamar menggunakan karpet anyaman, bikin berasa nginep di kampung. Sementara kamar mandi cukup luas dan bersih, dengan fasilitas shower air panas.

grafika 15

Di dalam pondokan, masih dilengkapi dengan lemari pakaian, meja kerja, televisi, juga perlengkapan standar seperti handuk, sikat gigi, sabun, sandal kamar, bahkan payung, ga kalah deh dari hotel berbintang. Tidak lupa 4 botol aqua, teko pemanas air (penting banget buat masak pop mie tengah malem… #ehhhhhh), mug, juga bandrek!

grafika 06

Selesai simpen barang, perut pun terasa lapar, jadilah kita langsung merapat ke rumah makan Grafika buat makan malem. Rumah Makan Grafika berlokasi di area depan, tepat dekat pintu masuk, bentuknya saung-saung ala Sunda gitu.

grafika 17

Pilihan makanan di sini didominasi oleh menu masakan Sunda, dengan rupa-rupa paket nasi, ikan, ayam, sop, tumisan, camilan, jus buah segar, minuman tradisional, sampe kopi juga ada. Penasaran apa pilihan kita buat makan malam, simak yang berikut ini!

food 02

Dibuka dengan Paket Nasi Bakar Komplit IDR 45k, terdiri dari Nasi Bakar, pilihan antara Ayam/Ikan/Gepuk, tahu tempe, ikan asin, lalapan dan sambal. Nasi Bakar di sini unik, beda dengan di tempat lain, rasanya juga pedas-pedas gitu. Dimakan anget-anget di tempat dingin begini, nikmatttt……

food 01a

Berikutnya ada Paket Nasi Tutug Oncom IDR 45k, isian paketnya sama dengan Paket Nasi Bakar sebelumnya. Nasi Tutug Oncom merupakan menu kesukaan anak-anak, makan di manapun, asalkan liat ada menu ini, pasti pesan! hahaha…

food 04a

Sementara itu favorite si papa pastinya Sop Buntut Bakar, di sini kita bisa pilih mau dibakar/goreng/kuah. Kita sih sukanya Sop Buntut Bakar, demen sama rasa dan aroma manis legit manis ketemu sopnya yang asin gurih, dinikmati sama nasi panas, raos pisan euy!

food 03a

Dan buat saya sih juaranya si Tongseng Kambing IDR 55k, daging kambingnya empuk dan rasa tongsengnya juga mantap. Aseli bikin angettttttt…. Eits, tapi makannya kudu hati-hati ya, soalnya di dalam si kuah banyak ranjau, alias cabe rawit, hahaha….

grafika 07

Balik ke pondokan, langsung deh nongkrong di depan teras, di sana terdapat 2 kursi nyaman buat bersantai yang langsung jadi tempat favorite dan sekeluarga pun berebutan duduk di sana, hahaha…. Akhirnya terpaksa tarik lagi kursi dari dalam pondokan, dan rame-ramelah kita seseruan di teras, mulai dari nyanyi teriak-teriak, cerita ngalor-ngidul, sampe ketawa ketiwi ga jelas. Ditemenin sama bandrek panas (gratisan) dan pop mie (bawa sendiri dari rumah), wah… beneran cocok pisan lah diseruput pelan-pelan di udara dingin Grafika.

grafika 100

Eits, malemnya masih ada Free Jagung Bakar lho, horeeeeee….. Jadi pas check in, kita juga dikasih kupon buat nukerin jagung bakar di Pendopo. Jagung Bakar ini bisa minta diantar ke kamar, atau dimakan langsung di sana. Kita sih pilih makan langsung di Pendopo aja, biar bisa sekalian cuci mata, hohoho….

grafika 101

Rumah Makan Grafika sendiri punya aneka rupa menu mulai dari camilan sampai makanan berat dengan harga terjangkau. Rumah makan ini buka sampai dengan jam 9 malam. Jadi kalau menginap di Grafika Cikole, ga perlu kuatir kelaparan, tinggal pesan makanan aja, bisa diantar ke kamar juga kok. Tepat di seberang Grafika ada Alfamart dan Indomaret, hahaha… praktis pisan lah pokoknya, sagala aya!

grafika 08

Dan malam itupun akhirnya kesampean juga kita Glamping di tengah hutan pinus. Suasananya sunyi, jauh dari jalan raya, ditambah udara dingin, beneran berasa camping, asik pisan. Zzzzzzzz…… tarik selimut ah, siap bobo cantik dan mimpi indah!

grafika 103

Hooaaaammmmm….. bobo di sini, bikin males bangun. Hahaha… tapi berhubung perut udah kerucuk kerucuk lagi, mari kita segera menyerbu Pendopo buat sarapan pagi. Udara dingin di Grafika emang bikin lapar terus nih!

food 05a

Sarapan pagi di Grafika sistemnya prasmanan, alias all you can eat dengan cukup banyak pilihan. Pada menu utama ada Nasi Uduk dengan berbagai lauk pauknya, masih ada bubur ayam, aneka gorengan yang digoreng dadakan di sana (enak pisan ini anget anget), roti-rotian, omelette, susu & sereal, buah-buahan, puding, dan lain-lain. Pastinya bikin kalappppp… hahaha…. terpaksa rencana diet kita undur lagi!

grafika 05

Setelah perut kenyang, saatnya menjelajah… jalan-jalan dan main-main di Grafika Cikole! Salah satu icon terkenal di sini adalah Rumah Hobbits, pondokan mungil yang bentuknya lucu bener. Kita bisa menginap di dalamnya lho, dengan 3 ranjang besar berkapasitas untuk 6 orang dewasa, hohoho… Laen kali mau coba inep sini ah!

fun 03

Dan tujuan pertama kita adalah peternakan rusa! Grafika punya beberapa rusa besar yang cantik. Hanya dengan membayar IDR 5k saja, yang ditukar dengan sekeranjang kecil wortel, kita bisa kasih makan rusa-rusa di sini. Berhubung masih pagi, begitu mencium aroma wortel, rusa dari segala penjuru berdatangan, hohoho… dan wortelpun habis dalam sekejap mata!

fun 02

Dekat peternakan rusa juga ada kandang domba, setelah kasih makan rusa, anak-anak segera merapat ke sana dan asik main-main sama si domba.

fun 01a

Masih di sekitaran sana, ada perkebunan Strawberry. Kita bisa memetik sendiri stroberi langsung dari pohonnya dan dibawa pulang. Tinggal menebus si stroberi dengan harga IDR 60k per kilogram. Konon stroberi di sini panen setiap 3 hari sekali, wah asik bener yaaa….

fun 04

Dilanjutkan dengan main ATV, hohoho…. Mas nya baik dan sabar banget, mau ajarin dan nemenin si anak yang masih kurang mahir main ATV, bahkan bantu dorong waktu ga kuat nanjak.

grafika 104

Dan permainan wajib coba di Grafika Cikole adalah Flying Fox. Flying fox sejauh 125 meter yang menyebrangi lembah di bawahnya ini sungguh teramat jauh, ampe ga keliatan lagi ujungnya, hahaha… Seru pisan lah! Nah, asiknya lagi, bisa naik Flying Fox bolak balik. Jadi saya tinggal duduk manis aja nunggu anak-anak kembali naik Flying Fox juga, ga perlu repot dijemput ke seberang.

fun 07

Buat penggemar tantangan dan adrenalin rush, kudu coba yang satu ini! Jembatan 2 tali dan Jembatan Burma. Nyebrangin jurang, dengan 2 tali saja, 1 buat pijakan kaki dan 1 lagi buat pegangan tangan. hahaha…. kalau saya sih liatnya aja udah leuleus, mana jauh lagi, berasa ga sampe-sampe. Ntar baliknya lagi naek Jembatan Burma, jembatan gantung goyang-goyang yang ga kalah serem, soalnya si pijakan mengayun-ngayun terus ke sana kemari. Sereeeeeemmmmm…. Etapi aman kok, soalnya semua peserta dipasang tali pengaman lagi. Jadi seandainya terpeleset pun masih tergantung di talinya.

grafika 105

Nah, kalau permainan favorite anak-anak pastinya si Rumah Pohon. Ada beberapa rumah pohon yang sambung menyambung gitu, dengan berbagai tantangan di sepanjang perjalanannya. Seru asik dan bikin ketagihan!

fun 09

Selama kita main-main di Grafika Cikole, ada banyak rombongan dari berbagai sekolahan dan instansi yang outbond di sini, dengan aneka games dan team building seru-seruan. Bisa banget jadi alternatif asik nih, buat hepi hepi sama temen-temen.

fun 10

Dua tampang sumringah setelah cape maen dan disuguhin jus stroberi, hohoho…. Jus stroberi di sini enakkkkkkk!

grafika 03

Habis main, kuterus lapar lagihhhh……
Ngopi-ngopi cantik yukkkk…..

food 09a

Huhuy…. judulnya kalap, maklum lapar beratttttt…….

food 07a

Nah, semua camilan di sini harganya flat, alias sama semua, cukup ditebus dengan IDR 15k sajah. Aseli murmernak banget lho, seperti kentang susis ini, rasanya enak, ala-ala jadoel yang ngangenin itu lho…. recommended!

food 10a

Gehu Pedas, IDR 15k isi 4 gehu ukuran jumbo. Cocok buat yang demen pedes, asik buat nemenin santai sambil ngopi atau ngeteh!

food 11a

Pilihan gorengan lain, masih ada Tempe Mendoan IDR 15k, seporsi isi 4 potong gede. Dimakan anget-anget, sambil dicocol ke kecap manis cengek, wuih mantap lah!

food 08a

Dan yang paling enak si Pisang Goreng Special Keju, harganya sama IDR 15k. Pisangnya manisssss, digoreng tepung, diberi parutan keju, dan susu kental manis. Hohoho… pesen seporsi doank rasanya kurang!

grafika 23

Dan liburan kita di Grafika pun berakhirlah….
Hohoho… aseli ga sabar buat kembali lagi ke sini!

 

Grafika Cikole
Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 8
www.grafikacikole.com

 

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

 

Please like & share:

← Previous post

Next post →

1 Comment

  1. Wow keren sekali tempatnya…

Leave a Reply