Liburan Lebaran kemaren, seperti beberapa taun sebelumnya, kitapun main ke Jakarta, hahaha… Memang kita ini agak kurang kreatif, setiap kali Lebaran ga pernah terlintas pikiran lain sama sekali selain Jakarta. Soalnya harga tiket pesawat dan hotel tujuan wisata lain, pastinya melonjak tinggi sekali, belum lagi macetnya, sementara hotel bertabur bintang di Jakarta malahan diskon besar. Sekalian memanfaatkan kesempatan menikmati Jakarta yang sepi, pan jarang-jarang banget tuh!

Nah, biasanya kalau kita ke Jakarta, hampir dapat dipastikan tour the mall, alias pindah dari mall yang satu ke mall yang lain. Kali ini tumben-tumbennya bisa mampir ke Mangga Besar, hahaha.. soalnya lagi kurang selera nge-mol! Jadi pas masih sore udah balik hotel, kepikiran lah buat mencicipi Mangga Besar di waktu malam, hohoho…

Sebenernya ada banyak yang kepengen dicoba di sini, tapi cuma sempet makan ini doank, bukan karena perut udah ga muat, tapi karena ada hal-hal lain yang gitu deh –> baca terus sampe akhir, kalau penasaran!

1. Bakmie Cong Sim Medan

CS 05

Jadi pas sampe di Jakarta kemaren, ada message yang masuk ke hp saya, cerita tentang temen-temennya makan di Bakmie Cong Sim Mangga Besar. Dan entah kenapa pula saya jadi penasaran sama si bakmie yang satu ini, dari segitu banyak rekomendasi yang dikasih sama handai taulan semua, hahaha….

Hari Lebaran kedua, sore menjelang malam, mulai lah kita menyusuri Jalan Mangga Besar, yang ternyata muacettttt…… Setelah putar balik dan hampir frustrasi cari parkir, tetiba nampaklah 1 spot parkir kosong di pinggir jalan yang anehnya ga ada yang isi, padahal ada banyak mobil yang tampak sedang mencari-cari parkir juga. Segeralah kita merapat dan melonjak kegirangan, yihaaaa……

Begitu turun dari mobil dan celingak celinguk, maka yang paling keliatan mencolok adalah antrian dan kerumunan orang di Bakmie Cong Sim dan tetangganya yang ga begitu jauh, Kwetiaw Akang. Okey baiklah, kita buka dari Bakmie Cong Sim dulu dan nanti ditutup dengan Kwetiaw Akang deh!

Setelah menunggu ada meja kosong, dengan pedenya langsung lah saya minta menu! Ternyata cuma ada 1 jenis menu di sini yaitu Bakmie Cong Sim, wakakaka…. ga perlu ribet pilih-pilih lagi, wong ga ada pilihan lain. Etapi kalau mau beli Nasi Rames juga bisa sih, di depan si Bakmie ada tukang nasi yang sepertinya dikelola oleh manajemen yang sama, atau sodaranya mungkin. Entahlah.. cuma berhubung kalau pilih Nasi Rames, kudu antri lagi buat acara pilih-pilihnya, malaslah kita. Jadi langsung saja pesan 4 porsi Bakmie Cong Sim!

CS 00 new

Dan Bakmie yang ditunggu-tunggu pun datanglah…. Pas pertama datang, mie nya itu aseli ga keliatan sama sekali lho, ketutupan sama segala rupa topping, hahaha… Setelah geser-geser dikit, barulah nongol deh si mie. Tekstur mie nya kecil halus lembut gitu, yang model beginian nih kesukaannya saya!

Gimana rasanya?
Mantapppppp…. asin-asin nyemek, dimakannya ga sepet, apalagi casau nya itu melimpah ruah. Plussss…. ada pangsit enaknya, puas pake banget lah!

Semangkuk Mie Cong Sim harganya IDR 38k, mayan mahal sih… entah harga sepesial Lebaran, atau memang biasa juga harga segitu. Untuk minumannya kita pilih Liang Teh IDR 10k.

2. Ice Cream Medan Atak

Es 02

Perhentian kedua adalah Ice Cream Medan Atak. Es puter ala Medan ini aseli bikin penasaran, apalagi selama muter-muter di Mangga Besar, banyak bener yang bawa es krim cup ini, hahaha…. Ada 4 varian rasa yang bisa dipilih: Durian, Kelapa, Jagung dan Kacang Merah.

Es puter 01

Harga Es Puter jadoel super enak ini IDR 10k saja, masih bisa mix rasa pula. Saya pilih rasa Jagung plus rasa Durian, aarrgghhh…. dua-duanya enak! Spesial lah, cocok bener buat camilan asik malam itu, seger!

 

2. Seafood Afu

Kerang 10

Perhentian berikutnya yang menarik perhatian saya adalah Seafood Afu. Bukan karena deretan Juhi Bakar yang digantung disepanjang kios, tapi berpiring-piring kerang dara yang tampak manggil-manggil terus.

Salah satu seafood kesukaan saya adalah kerang dara rebus, rasanya susahhhhh banget menahan diri buat kaga pesen. Akhirnya walaupun katanya kudu nunggu 30 menit, tetep aja saya nekad pesennn…. dan kudu rela menunggu lama sampe giliran kerang saya datang.

kerang 00

Wohoooo…. inilah dia Kerang Dara Rebus sepiring IDR 25k. Ukuran kerangnya itu aseli gede-gede bener. Dan yang bikin saya salut banget, engkong tua pemilik Seafood Afu, dengan telaten memilah satu persatu kerang, dipisahkan antara yang baik dengan yang kurang baik.

Salah satu keistimewaan Kerang Dara Rebus, sebenarnya terletak di racikan sambalnya. Dan sambal di sini super enak, paduan antara sambal, saus kacang, nanas plus ekstra taburan kacang, aarrgghh…. jadi kepengen lagih!

Dan, perjalanan kita menaklukan Mangga Besar pun harus terhenti sampai di sini. Karena waktu lagi asik-asiknya buka-buka kerang, tetiba terdengar suara ribut-ribut dan orang-orang pada melihat ke arah deretan parkir mobil. Didapatlah selentingan kabar kalau mobil derek sedang menderek mobil-mobil yang parkir di sepanjang jalan.

Panik bangetlah kita dan buru-buru menuju tempat mobil kita diparkir. Deg-deg an luar biasa, waktu melihat kerumunan orang, dan mobil derek lagi berusaha ngangkut 1 mobil di belakang mobil kita. Sekilas memang tampak ada rambu Dilarang Parkir, dengan tulisan di bawahnya yang ga sempat terbaca. Thanks God, mobil kita masih tampak ada di sana, ga pake pikir panjang lagi buru-buru naik mobil, dan segera cabutttttt dengan sangat panik. Kebayang parahnya kalau kita terdampar di Mangga Besar dan mobil kena derek, entah gimana nasib selanjutnya…

Nah, pas bayar parkir ke tukang parkir, tukang parkir langsung cerita kalau mobil di belakang kita itu mogok dan panggil tukang derek. Omigod… ternyata gitu toh ceritanya. Tapi kita udah terlanjur mau balik hotel saja, dengan perasaan super ga karuan. Akhirnya batal deh nyicipin si Kwetiaw Akang, hahaha…

 

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

 

Please like & share: