Ceritanya Minggu sore kemaren, saya diundang oleh Chef Jeffry buat ikut rame-ramean acara dinner bareng KF Seetoh. Tentu saja ga pake pikir lagi, saya langsung angguk-angguk tanda setuju! Buru-buru deh saya batalin 2 janji lain hari itu, hehehe… sok sibuk bener ya.

Ehm, siapa sih yang ga tau KF Seetoh?
Kalau di Indonesia kita punya Pak William Wongso, maka Singapura punya KF Seetoh, sang pendiri Makan Sutra. Mr. Seetoh ini giat sekali mempromosikan dan melestarikan Street Food, sampai dianugerahi gelar Singapore’s Food Ambasador. Jadi kalau pergi ke Singapore, dan bingung cari makanan yang murmernak, langsung aja deh cek-cek rekomendasinya Seetoh!

Acara masak-masak dan makan malam bareng Seetoh, berlangsung di rumah Chef Jeffry. Dan saking semangatnya bertemu sang idola, sayapun jadi yang pertama datang, hohoho… dari jam 3 teng udah setor muka donk di sana. Sayangnya begitu ketemu Seetoh, malahan jadi salah tingkah dan bingung mau ngomong apa, maklum saya cinta banget sama bahasa Indonesia (+ Basa Sunda), jadi English teu bisa, Mandarin teu becus. Aarrgghhh…. padahal ada begitu banyak yang pengen ditanyain dan diobrolin sama Seetoh. Eh… pada kenyataannya saya cuma bisa senyum-senyum doank, mau nanya pake English malu da pas-pas an tea, giliran ditanya sama Seetoh, juga jawab pake bahasa campur-campur, hahaha….  Ah sudahlah…

Nah, semua yang ikutan acara makan-makan bareng Seetoh ini adalah para penikmat kuliner, alias yang suka makan. Etapi ga cuma suka makan, mereka juga pada suka masak-masak lho.. Jadi kenyanglah kita hari itu, karena ada begitu banyak makanan yang tersedia.

ST 05

Mulai dari suguhan asik Pempek dan Bolu Kukus Jumbo punyanya Mamah Bandung, wah pempeknya maknyus dan bolu kukusnya mantap, favorite saya yang rasa Green Tea! Masih ada pula Marmer Cake nomer satu se-Bandung Raya kepunyaan Gabriella ~ Cake, Cookies n Cupcakes. Juga ada Surabi Kinca, Rujak Banci, aneka kue basah Sari-Sari, dan aneka oleh-oleh yang dibawa Jeffry dari World Street Food Congress di Filipina minggu kemaren. Plus (buat dibawa pulang) aneka bumbu khas Jepang praktis siap pakai dari 2Sons Japanese Cuisine, pelopor masakan Jepang yang berkualitas dengan harga terjangkau. Ah, gathering yang sangat menyenangkan sekali, penuh dengan makanan enak!

ST 08

Seetoh juga tampak antusias banget lho, mencicipi dan mengabadikan satu per satu makanan yang tersedia, hohoho….

ST 12

Serunya lagi, saya juga jadi punya kesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan para penikmat kuliner lain. Tentu saja, gathering secara resmi kita buka dengan acara foto bareng dulu, penting banget! Hehehe… maklum deh ibu-ibu narsis semua! 1..2..3… Smile…

ST 20

Nah, rencananya Minggu sore itu, Seetoh akan memasak 4 macam hidangan buat kita. Kesempatan langka banget ya… kapan lagi coba bisa dimasakin langsung sama KF Seetoh yang legendaris itu?

ST 45

Dan inilah kolaborasi 3 orang Chef yang berjibaku di dapur, Chef KF Seetoh, Chef Jeffry dan Chef Lala. Lala adalah pemilik dari Ronde Jahe Gardujati, selain muda dan cantik, juga pinter banget masak, salut deh! Sementara ibu-ibu yang laen cuma numpang foto doank, hahaha.. maklum dapurnya sempit, jadi kalau semuanya masuk dapur, ga bakal beres-beres deh masaknya.

ST 21 01

Tadaaaa…. Inilah dia masakan pertama dari Chef Seetoh, Hoy Tord!
Hoy Tord adalah street food khas Thailand, Thai Crispy Pan Fried Mussels With Eggs, semacam omelet garing tipis dengan isian oyster atau tiram. Nah, Hoy Tord kali ini, selain berisi tiram juga ditambah dengan udang. Maknyussss lah….

ST 25

Hidangan favorite ibu-ibu adalah Udang Goreng Telur Asin, pas mulai masak Saus Telur Asin nya, pada penasaran dan nimbrung semua masuk ke dalam dapur, alhasil dapur pun jadi penuh sesak. Gapapa deh, yang penting dapet resep rahasia dari Seetoh, tul ga?
Udang Goreng Telur Asin ini agak berbeda dengan yang biasa kita makan di Indonesia, kalau biasanya paduan mentega dengan kuning telur asin, versi Seetoh ini paduan utamanya kuning telur asin dengan evaporated milk. Lain kali mau coba juga ah bikin sendiri di rumah!

ST 30

Sampailah kita pada hidangan utama, Coffee BBQ Ribs. Pork Ribs yang sudah dimasak dengan racikan bumbu spesial dan kopi. Rasanya gurih enak dengan aroma kopi yang harum, dibakar langsung di atas arang, jadi lebih terasa istimewa.

ST 35

Dan acara makan-makan kita hari itu ditutup dengan Crab Chawan Mushi. Bagi saya yang penggemar berat chawan mushi, hidangan terakhir ini beneran jadi favorite banget. Suka deh dengan paduan harum lembut telur yang berpadu sempurna dengan aroma kepiting, eundeussss pisan… Bintang 5 dari saya!

ST 40

Terima kasih untuk KF Seetoh yang udah bikinin masakan enak dan Chef Jeffry yang udah mengundang saya. Plus makasih banget sama May Vina – istri Chef Jeffry yang jadi kudu kerja bakti beres-beres rumah setelah kita balik.

 

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Please like & share: