Minggu pagi kemaren kita nyambangin Warung Suluh. Warung Suluh terletak di Jalan Dokter Cipto no 8, daerah dekat Jalan Pajajaran. Rumah makan ini menyajikan menu yang “berbeda”, yakni makanan khas Jawa. Terus terang genre makanan Jawa termasuk jarang lho di kota Bandung, kebanyakan makanan Sunda lagi dan lagi. Jadi buat penggemar makanan Jawa atau yang lagi kangen sama makanan Jawa, silahkan deh mampir ke Warung Suluh.

WS 01

Dan begitu masuk saya pun sungguh terkesan sama dekorasinya yang jadoel dan bikin adem, duh perabotan lama, pigura dan jendela kayunya bikin berasa nostalgia, melintas ruang waktu ke masa lalu. Bettaaaahhhh….

WS 02a

Nah, di Warung Suluh kita juga bisa memilih duduk di Lantai 2, dengan dekorasi yang ga kalah asik, paduan antara jadoel dengan modern, cantik banget! Langsung deh kepikir buat foto-foto selfie di sini, hehehe…

Makan apa saja kita di Warung Suluh?

WS 20

Ebuset banyak aja yak!
Errrr… maapkan kekalapan sayah, akibat lapar mata dan segala rupa kepengen dicoba nih!

WS 08

Dibuka dengan Nasi Goreng Kampung IDR 24k, pesenan anak-anak. Seperti biasa makanan favorite mereka ga jauh-jauh dari nasi goreng, dan ga pake lama sebelum saya sempet coba, sepiring nasi goreng pun udah ludes dilahap mereka berdua, enakkk katanya!

WS 10

Lanjut dengan yang hangat-hangat nih, Nasi Rawon Iga IDR 46k, kalau yang ini kesukaan saya! Warung Suluh punya 3 macam Rawon, yaitu: Rawon Daging, Rawon Iga dan Rawon Buntut. Dari penampakannya sajah, si Rawon ini sungguh teramat menggoda sekali. Saya suka sama tastenya yang bold gitu, harum, pekat, dan kaya rempah, recommended! Nasi rawon ini komplit disajikan dengan tauge, telur asin, jeruk limau, kerupuk dan sambal.

WS 06

Kalau orang Sunda punya Lotek, maka orang Jawa punya pecel. Dan inilah Nasi Pecel Ayam IDR 30.5k! Selain nasi, pecel dan sepotong ayam goreng, masih berikut telur mata sapi, tempe, rempeyek, lalap dan sambal, lengkap banget ya.. Dijamin senang dan kenyang, pecelnya itu lho… mantap pisan euy!

WS 13

Kalau anda penggemar Gurame, kudu coba Gurame Goreng Sambal Mangga IDR 42k. Gurame goreng ini garing, enak dan ga bau tanah, ukurannya sekitar 350gr. Keistimewaannya terletak di si sambal mangga, raos pisannnn…. kombinasi antara manis – asem – pedes yang pas, bikin nagih!

WS 09

Masih ada Sop Buntut Bakar IDR 49k, paket komplit yang terdiri dari nasi, emping, sop dan tentunya buntut bakar. Kenikmatan terbesar adalah waktu nguyah daging yang ada lemak-lemaknya, kemudian dilanjutkan ngegerogotin si tulang, just forget about jaim! Hahaha… mari kita makan pake tangan saja lah!

WS 11

Ayo… bisa tebak makanan apakah ini?
Ini adalah Tahu Telur Bumbu Kacang IDR 21.5k, keunikannya di Warung Suluh ini si tahu didadar bersama dengan telur hingga bertekstur crunchy gitu, antik lah! Selain tahu dan telur, masih ada pula timun, toge dan acar yang lalu disiram dengan bumbu kacang, yummy!

WS 05

Dan tentunya ditutup dengan yang manis-manis, Es Kacang Degan IDR 19.5k. Cara baru makan kacang hijau nih, kombinasi asik antara kacang hijau dengan kelapa muda, enak dan segerrrr…..

WS 07

Masih ada Es Campur IDR 21.5k! Es campur ini isinya beneran campur-campur segala rupa ada, mulai dari kelapa muda, cincau hitam, pacar cina, nangka, nanas, leci, sampai tape bandung alias peuyeum. Maknyusssss…

WS 03

Untuk minumannya ada Es Degan Jeruk IDR 19.5k dan Es Lengkeng 19.5k, keduanya enak. Si Degan Jeruk ini jeruknya pekat, dan kelapanya berlimpah ga cuma berenang doank. Sementara Es Lengkeng selain ada lengkengnya, juga berikut nata de coco, slurrrrppp…

Sekarang saya tau deh kudu mampir kemana kalau lagi kangen masakan Jawa, hohoho…. Warung Suluh ini buka dari pagi banget jam 7, jadi bisa buat sarapan juga. Soalnya selain makanan berat, di sini juga sedia aneka Roti Bakar, Pisang Legit, Martabak Mie dan rupa-rupa kudapan.

WS 30

Warung Suluh
Jalan Dr. Cipto no 8, Bandung
phone: 022 – 4212212
Jam buka: 07.00 – 22.00

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_