Seperti biasa, Minggu pagi sebelum ke gereja kita bakalan muter dulu buat cari makan pagi enak, dan pagi ini kita memutuskan buat mampir ke Osin alias Lie Tjay Tat. Hhmmm….. kalau orang Bandung pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini.

Osin Lie Tjay Tat

Lie Tjay Tat dulunya adalah penjual cakwe di Pasar Baru yang kesohor banget, pokoknya cakwe legendaris deh, sudah ada sejak tahun 1934. Dulu waktu saya kecil, kalau nemenin mama belanja ke Pasar Baru, pastinya akan mampir ke Lie Tjay Tat buat semangkuk bubur kacang plus cakwe, bagian makan-makan inilah yang selalu saya nanti-nanti, hehehe…

Osin Lie Tjay Tat

Sekarang Lie Tjay Tat bertempat di Jalan Babatan no 64A, begini nih petunjuk arahnya: dari Jalan Gardujati tepat di seberang King Garden, belok ke kanan masuk Jalan Belakang Pasar. Kemudian belok lagi ke kanan pada perempatan ke dua, sudah masuk jalan Babatan deh, tinggal cari Osin alias Lie Tjay Tat di sebelah kiri jalan. Jalanannya besar dan lebar, jadi tidak perlu kuatir susah parkir kendaraan.

Osin Lie Tjay Tat

Selain di Jalan Babatan, Lie Tjay Tat juga punya cabang di GOR Pajajaran dan Lapangan Tegalega dekat kolam berenang. Nah, dulu kalau Sabtu pagi saya suka nongkrong di Lie Tjay Tat Tegalega, sayangnya sudah beberapa bulan ini tutup dan belum tau kapan akan dibuka kembali. Hiks! Padahal aseli deket banget dari rumah….

Osin

Sarapan istimewa kita pagi itu dibuka dengan semangkuk bubur ayam yang enak, Bubur Ayam IDR 15k dengan tekstur kental yang mengingatkan saya akan bubur masakan mama. Lalu diberi suwiran daging ayam, daun bawang dan potongan cakwe, sederhana tapi mantappppp…

Osin

Dan inilah Bubur Kacang terbaik se-Bandung Raya! Biasanya disebut dengan Bubur Kacang Hokkian, berupa kacang yang dimasak berjam-jam dengan air gula, rasanya manis legit dengan tekstur yang khas, kacangnya juga besar-besar, ngangenin banget! Semangkuk bubur kacang ini dibandrol dengan harga IDR 17.5k.

Osin Lie Tjay Tat

Tentu saja belum afdol rasanya kalau tidak pesan Cakwe Lie Tjay Tat yang legendaris itu. Cakwe di sini punya ukuran super jumbo, lihat deh perbandingannya dengan mangkuk bubur kacang. Cakwe bisa dimakan begitu saja dengan saus sambal khusus cakwe yang tersedia di meja, atau dicocol ke bubur kacang dan bubur ayam. Harga cakwe jumbo ini cuma 5000 Rupiah, tapi dengan rasa bintang lima!

Osin Lie Tjay Tat

Satu lagi yang wajib pesan di Osin adalah Bapia IDR 11k. Apakah itu Bapia?
Bapia adalah makanan kesukaan saya, semacam gorengan dengan isi kucai dan daging babi, guilty pleasure, a must try! Makan 1 dijamin ga bakal cukup, pasti kepengen nambah lagi, lagi dan lagi… plus masih bungkus pula.

Osin Lie Tjay Tat

Apalagi karena langsung digoreng di tempat, fresh from the wajan, asik banget dimakan panas-panas. Bagian luar kulit bapia garing kriuk kriuk, sementara dalamnya gurih dan nikmat, dan sekarang saya pun jadi kepengen lagi, aarrgghhh….

Osin Lie Tjay Tat

Pengunjung bisa memilih untuk langsung makan di tempat seperti kami, yang walaupun sederhana, tapi tempatnya nyaman dan bersih. Atau kebanyakan orang biasanya suka bungkus untuk dibawa pulang. Lihat deh antrian panjang buat take away, padahal ini masih pagi banget lho… sekitar jam 7 pagi, tapi sudah ramai aja ya! Memang nih kalau bicara soal makanan enak, orang Bandung selalu gesit-gesit (maksudnya seperti saya!), hahaha….

Osin Lie Tjay Tat

Selain Bubur Ayam, Bubur Kacang, Cakue, dan Bapia, Osin juga menjual Kompia, Kompia Isi, Pangsit Kuah, Kue Tambang dan Kue Cinsoko. Kompia atau kompyang adalah roti jadoel keras ala Hokkian, dengan tekstur mirip banget dengan roti baguette, tapi dengan bentuk bulat dan ada taburan wijen di atasnya. Ada 2 macam kompia yaitu kompia kosong dan kompia isi, dengan isian yang mirip isian bapia.

Osin Lie Tjay Tat

Jadi kapan nih kita mau sarapan bareng di Osin?
Minggu pagi yuk!

Osin Lie Tjay Tat

Osin d/h Lie Tjay Tat
Cakue Pasar Baru
Jalan Babatan no 64A
phone: 022 – 4202920
Jam buka: 05.00 – 12.00

(helenysm ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

Please like & share: