Setiap kali liburan ke Jakarta, biasanya kita selalu menyempatkan diri buat main ke Mall Kelapa Gading, ceritanya sekalian nostalgia masa-masa kost dan kerja di Nutrifood dulu. Biasanya kalau sudah mampir Kelapa Gading, maka wajib mampir ke Bakut Teh 100, buat semangkuk besar bakut teh yang ngangenin itu, maklum di Bandung belum ada restoran yang khusus berjualan bakut teh.

Sayangnya liburan kali ini ke Jakarta, kita ga sempat ke daerah Kelapa Gading, tapi tetep aja berasa ga afdol kalau belum makan bakut teh. Jadilah waktu kita menemukan Ya Hua Bak Kut Teh di Mall Taman Anggrek pada hari terakhir liburan, ga pake pikir lagi, langsung merapat deh!

Ya Hua Bak Kut Teh 亚华肉骨茶 adalah cabang dari restoran serupa di Singapore, yang sudah berdiri sejak 1973, terkenal enak, memiliki banyak penggemar setia dan juga sering memenangkan penghargaan. Hhmm… sepertinya OK banget nih, menarik untuk dicoba dan makin bikin penasaran!

Ya Hua Bak Kut Teh

Menu Ya Hua Bak Kut Teh sederhana saja, cuma selembar kertas menu bolak balik, tapi isi menunya mantap, bikin ngiler dan kalap booo…. Tentu saja sebagian besar menu berkisar seputar bakut, babi, dan teman-temannya, yeay!

Ya Hua Bak Kut Teh

Dan inilah dia makan siang spesial kita hari itu, asikkkkkk…..

Ya Hua Bak Kut Teh

Prime Rib IDR 59,5k, sepotong iga super besar dalam kuah bakut yang gurih dan enak. Jadi di Ya Hua Bak Kut Teh, ada 4 pilihan bakut teh, yaitu: Short Ribs, Prime Rib, Bak Kut dan Ribs Combo, tinggal pilih aja suka-suka bentuknya yang seperti apa. Soal rasa sepertinya sih sama aja, masih bakut-bakut juga, hahaha… Daging bakut nya itu empuk, dan saya suka bener karena nemu ada bagian lemaknya, hohoho… guilty pleasure!

Ya Hua Bak Kut Teh

Stomach Soup, IDR 38.5k. Nah, jangan salah tafsir kalau stomach ini pork belly atau samcan yak.. Soalnya stomach ini bagian lambung babi, alias 猪肚, makanan favorite saya nih, yang paling saya tunggu-tunggu kalau imlek tiba. Mama biasanya cuma masak perut babi ini setahun sekali, meskipun harganya tidak mahal, tapi membersihkannya itu yang  super ribet. Jadi pas nemu menu “zhudu” di Ya Hua Bak Kut Teh, saya langsung melonjak kegirangan, berasa imlek!

Ya Hua Bak Kut Teh

Braised Intestines, IDR 27.5k, kalau yang sebelumnya lambung babi, kali ini usus babi. Ketauan banget yak kita demennya makan jeroan, hahaha… Selalu susah untuk menahan diri kalau ketemu model beginian. Usus babi masak kecap dengan rasa sedikit pedas. Kenyal-kenyal enak lah, pokoknya sulit diungkapkan dengan kata-kata!

Untuk pelengkap makan-makan di Ya Hua Bak Kut Teh, kita juga pesan You Tiao IDR 10k alias cakwe. Cakwe ini asik banget dicocol ke kuah bakut yang panas-panas, nyes gitu deh sensasinya… Asiknya makan di Yah Hua Bak Kut Teh, kita boleh refill kuah bakut sepuasnya. Dan para pelayan juga sigap untuk mengisi kuah sampai penuh kalau melihat kuah di mangkok udah tinggal sedikit. Kalau di restoran lain kita melihat pelayan membawa teko isi teh, maka di Ya Hua Bak Kut Teh, isinya teko itu kuah bakut, hati-hati jangan salah nyodorin gelas, hahaha….

Di sini juga saya mencoba minuman Barley, IDR 15k, tapi sayang terasa encer dan kurang gregetnya, saya lebih suka Barley versi Pokatiam Bandung. Sebenernya Bak Kut Teh ini paling asik dinikmati bersama sebotol bir dingin, sayangnya berhubung hari itu suami kudu nyetir balik Bandung, jadilah batal deh pesen Heineken nya.

Ya Hua Bak Kut Teh

Ya Hua Bak Kut Teh
Since 1973
The Taste of Heritage Singapore
Mall Taman Anggrek Lantai 4
Jalan LetJend S. Parman, Jakarta Barat
Jam buka: 10.00 – 22.00

(helen ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

Please like & share: