Minggu kemaren giliran kita mampir ke Po Ka Tiam alias 烧肉店 alias BBQ shop. Sebenarnya Pokatiam ini punya konsep mirip dengan kopitiam ala Singapore, tapi entah kenapa setiap kali ke Pokatiam saya malah terbayang sedang duduk menikmati semangkok mie di kedai mie milik Po si Kungfu Panda –> efek imajinasi berlebihan gegara terlalu banyak nonton film kartun kah?

Hhhmm… mungkin karena di bagian luar Pokatiam, terdapat deretan gambar para jagoan dunia persilatan, seperti Bruce Lee, Jet Lee, Po – Kungfu Panda, Songoku – Dragon Ball, Mulan, Avatar sampai si kakek kocak berkacamata Mr. Q, hohoho…. Dan dari jaman dulu sampe sekarang masih penasaran dan aseli belum nangkep apa hubungan mereka dengan Pokatiam, apa para pendekar itu pemegang saham? #LOL

Poka 14 copy

Dan begitu tiba di pintu masuk, kita pun disambut oleh si Babi. Terdapat kertas besar bertuliskan “MENGANDUNG BABI” plus gambar babi ndut nan lucu di sana. Idenya bagus juga nih, pencegahan pertama untuk salah masuk yang berakibat salah makan!

Poka 00 copy

Saya suka sekali dengan dekorasi interior Pokatiam, dinding restoran penuh dengan aneka pigura, besar dan kecil, berisi rupa-rupa poster, potongan komik, foto dan lain-lain yang serba unik, seru deh diliatin satu per satu. Suasananya semarak dan hangat!

Poka 12 copy

Sementara itu pada sisi sebelahnya terdapat open kitchen, dimana kita bisa melihat para chef Pokatiam berjibaku memasak segala rupa pesanan pelanggan. Pokatiam menyediakan berbagai pilihan makanan peranakan, mulai dari dimsum, roti bakar, yamien, mie/kwetiaw/bihun goreng, nasi lemak dan sejenisnya, sampai aneka masakan. Komplit bener lah!

Poka 11 copy

Dimsum Trolley berkaca ini mengingatkan saya akan dimsum di Hongkong, asik nih! Pokatiam menyediakan aneka pilihan dimsum yang bisa kita pilih dan order dari menu. Segala rupa bapao, siomay, hakau, lumpia, pangsit dan teman-temannya ada di sini!

Poka 05 new

Nah, sesuai dengan namanya 烧肉店, sebenarnya spesialisasi Pokatiam adalah daging panggangnya! Hihihi… bisa dilihat dari display yang penuh dengan ayam, bebek dan babi panggang, yang semuanya tampak manggil-manggil begitu saya mendekat. Hhmmm.. apa ada yang salah dengan mata saya? –> syndrom mata keranjang!

Poka 03 copy

Dan ini dia segala rupa kebahagiaan kita pagi itu, maapkan tampang rakus anak-anak, ini sih aseli 100% faktor keturunan!

Poka 08 copy

Dibuka dengan semangkuk Bakmie Samcan, IDR 31k. Bakmie alias yamien ini ada 2 pilihan mau Asin atau Manis, milik kita ini adalah Bakmie Asin. Dan tentu saja rasanya seperti yang saya harapkan, mienya imut halus dengan cita rasa harum gurih, suka deh. Apalagi ditambah topping samcan panggang nan crispy, cukup 1 kata: SEMPURNA!

Poka 07 copy

Dilanjutkan dengan Bihun Bebek IDR, 29k. Bihun Bebek merupakan makanan khas dari Medan, begitulah menurut versi saya. Soalnya saya pertama kali makan si Bihun Bebek ini di Medan, dan itulah satu-satunya kuliner Medan yang sampai sekarang masih berkesan, padahal makannya udah lebih dari 10 tahun lalu lho….
Dan Bihun Bebek si Pokatiam ternyata tidak kalah mantap! Bebek Panggang nya aseli juara, lembut dan nikmattttt…. Ingat Pokatiam, ingat si Bebek Panggang Juara, wajib coba!

Poka 09 copy

Nasi Hainam Campur IDR 42k, dihidangkan dalam piring saji raksasa yang di dalamnya terdapat tempat terpisah masing-masing untuk nasi hainam, aneka rupa daging, kuah kaldu dan sambal. Nasi Hainam Campur di Pokatiam terdiri dari telur pindang, ayam rebus, babi samcan, babi panggang merah dan si bebek panggang, yeay! A plate of happiness!

Poka 10 copy

Samcan Goreng Cabe Garam IDR 47k, untuk yang satu ini rasanya saya tidak perlu bercerita panjang, silahkan nikmati langsung dari fotonya! Yummy!

Poka 06 new

Tampang innocent anak-anak bersama para minuman, sewaktu makanan belum datang, dan muka-muka polos ini pun langsung berubah 180 derajat menjadi buas begitu makanan tiba, serbuuuuuu…..

Minuman pilihan kita ada:
Teh Tarik IDR 12.5k
Coffee with Milk (Hot) IDR 11.5k
Barley Juice IDR 17k
Semuanya minumannya enak, tidak terlalu manis dan mengingatkan kita waktu ngopi-ngopi asik di kedai kopi di Malaysia. Saya terutama suka dengan si Barley Juice, dengan butiran barley yang enak!

Poka 04 copy

Po Ka Tiam
Jalan Pasirkaliki no 65, Bandung
phone: 022 – 4240928
jam buka: 07.00 – 22.00

 

(helen ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_