Sari Sari

Kita nongkrong di Sari Sari, hari Minggu pagi itu.
Sari Sari adalah toko yang menjual aneka kue jajan pasar, lokasinya di Jalan Sultan Tirtayasa, daerah yang happening dengan segala rupa resto dan cafe.

Jadi teringat waktu masa saya sekolah SD, hampir setiap pagi dalam perjalanan menuju sekolah, kami akan mampir dulu di Toko Sari Sari untuk membeli bekal sekolah. Waktu itu Toko Sari Sari masih berlokasi di Jalan Jendral Sudirman 90-92, tidak jauh dari SD tempat kami bersekolah. Begitu masuk ke dalam toko, ratusan baris kue-kue yang tertata rapi selalu setia menyambut kedatangan kami, rasanya bahagia sekali bisa memilih sendiri kue-kue yang diinginkan.

Dan hari ini saya pun kembali nostalgia di Sari Sari…
Ternyata barisan kue-kue itu masih setia untuk menyambut kedatangan kami di sana, yang mau tak mau membangkitkan kembali memori dan kesenangan masa kecil dulu, asiknyaaaa….

SS 05 copy

Mari berbagi kenangan masa kecil itu dengan anak-anak…
Saya berikan kesempatan pada mereka untuk memilih dan mengambil sendiri kue-kue yang diinginkan. Acara pilih-pilihpun dimulai dari tahap malu-malu (atau bingung?) sampai jadi malu-maluin (atau kalap?), hahaha…

Jadi hari itu kami (tepatnya saya), akhirnya harus bolak balik ke kasir sampai 5 kali untuk membayar kue-kue pesanan anak-anak. Anak-anak yang awalnya hanya mengambil beberapa kue saja, ternyata jadi ketagihan, begitu yang di meja habis, pasti kembali lagi ke rak kue buat pilih-pilih lagi kue yang lain, berasa lagi prasmanan all you can eat kali ya, nak?

Untungnya harga kue-kue di Sari Sari benar-benar terjangkau, bersaing dengan harga kue di pasar tradisional, malahan saya menemukan tidak sedikit kue yang dijual dengan harga lebih murah. Padahal kue-kue di Sari Sari sudah hasil seleksi rasa dan kualitas terbaik, tidak seperti kue di pasar yang rasanya random alias untung-untungan. Di Sari Sari terdapat puluhan kue dengan harga dibawah 2 ribu rupiah, dan sisanya sebagian besar di kisaran 2-3 ribu saja.

SS 25 copy

Nah lho? Bingung kan pilihnya?
Segala rupa kue jajan pasar tradisional tersedia di sini, mulai dari yang jadoel model kue balok sampai yang kekinian seperti Fruit Pie. Saking banyaknya varian kue di Sari Sari, dijamin bakal bingung pilih yang mana, soalnya semua begitu menggoda, semua terasa nostalgia, dan semua kepengen dicoba. Yang berakibat bengong dan bikin macet, hahaha….

SS 45 copy

Jadi begini nih cara belanja kue di Sari Sari, pertama-tama kita ambil baki alias tray yang sudah dialasi dengan daun pisang itu, berikut capitannya juga. Terus langsung merapat deh ke area rak kue dan silahkan pilih-pilih sambil ikuti antrian yang ada, baru kemudian langsung menuju kasir. Nanti di kasir akan dipak rapi ke dalam dus untuk take away, dan apabila berminat makan di tempat, maka akan langsung disiapkan di atas piring rotan beralas daun.

SS 34 copy

Nah, ini dia awal petualangan kami pagi itu…. Ayo bisa tebak ada kue apa saja?
Sebagai gambaran harga, ini dia kue-kue yang ada di foto atas: Kue Lumpur Kelapa 1700, Harum Manis Padang 1700, Roti Goreng Pisang Gula Palem 1700, Ketimus Nangka 1200, Semar Mendem Ayam Spesial 2000, ChoiPan Pontianak 6500 (4pcs), Lumpia Sayur Basah 3500. Semuanya enak, dan terutama saya suka si ketimus, harum nangkanya bikin nagih!
Sari Sari juga sedia aneka minuman hangat untuk teman makan kue, ada Kopi Susu, Kopi Hitam, Hot Chocolate, Cappucino, Bandrek, Bajigur yang dihargai IDR 10k saja.

SS 33 copy

Berasa belum sah kalau belum ketemu nasi, akhirnya di ronde kedua ini kita pilih-pilih makanan berat, Mie Goreng IDR 9k, Nasi Goreng Sosis IDR 9k, Nasi Kerucut Ayam & Telur IDR 14k, Nasi Goreng Kencur IDR 9k. Menurut saya si Nasi Goreng Kencurnya enak banget, wangi kencur yang begitu menggugah selera!
Pelayan Sari Sari akan membantu memindahkan makanan pilihan kita dalam piring lengkap dengan sendoknya, sementara semua sambal, acar dan lain-lain yang perlu dibuka sudah digunting rapi siap tuang. Benar-benar membuat saya terkesan!

SS 40 copy

Dan masih ada ronde ke 3, 4 dan 5 yang akhirnya tidak kefoto semua karena anak-anak sudah tidak sabar lagi mau langsung dimakan saja, hahaha…. Ini dia sebagian harganya: Pisang Keju 4000, Crekes Telor 2100, Kue Balok Kiju 2650, Kue Balok Coklat 2650, Bakwan Udang 2800, Risoles Mayones 3500, Ketan Bumbu 1800, Sosis Solo Ayam 3500, Martabak Telur 3400.  Bakwan Udang dan Martabak Telur nya juara, wajib coba!

SS 10 copy

Salah satu kesenangan lain makan-makan di Sari Sari adalah fasilitas Free Hot Tea. Jadi kalau mau makan kue di sini, ga mesti beli minuman, tinggal isi sendiri teh panasnya, gratisss…. Seru juga tuh buat acara ngeteh sore-sore!

SS 08 copy

Ini adalah salah satu sudut Sari Sari dengan rak 3 lantai yang penuh kue, sisi sebelah sini didominasi oleh aneka gorengan seperti: Risoles, Kroket, Pastel, Tahu Isi, Sarang Burung, Roti Goreng, dan sejenisnya, juga macam-macam lontong.

Sari Sari juga sedia kue nampan, kue-kue mini yang ditata rapi dalam tampah, seperti yang biasa ada di pesta. Ada 2 macam: Nampan Kecil (110 kue) harga IDR 165k dan Nampan Besar (165 kue) harga IDR 250k.

SS 20 copy

Hebatnya lagi, selain kue-kue tradisional khas Sunda, di Sari Sari juga ada aneka macam kue tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, contohnya: Apem Pisang Bakar Pameungpeuk, Bika Ambon Medan, Bika Oval Cirebon, Bugis Bogor, Bolu Kojo Bangka, Choi Pan Pontianak, Harum Manis Padang, Koci Kacang Hijau Cirebon, Ketan Srikaya Bangka, Lalampah Ikan Manado, Ladu Cirebon, Maksuba Palembang, Nona Manis Ujung Pandang, Panada Ikan Manado, Talam Merah Bangka, Yet-Yet Bangka, dan lain-lain. Jadi bisa sekalian mengenal dan mencicipi aneka kuliner Nusantara di sini.

SS 04 copy

Selain Kue, Sari Sari juga sedia aneka makanan berat semacam nasi dan teman-temannya. Pilihannya juga banyak banget, mulai dari aneka Nasi Goreng, Nasi Hainam, Nasi Pepes, Nasi Liwet, Nasi Bogana, Nasi Pecel, Nasi Uduk, Nasi Kuning, Nasi Hijau, Nasi Langgi Solo, Nasi Tutug Oncom, Nasi Ayam Kremes, Nasi Ayam Pop, sampai Nasi Ayam Woku-woku Manado. Juga sedia Mie Goreng dan Tjwie Mie Ayam, plus aneka Rujak. Harga berkisar dari IDR 9k – 22,5k.

SS 29 copy

Masih ada pula varian khas yang biasa sering ada di toko-toko kue jajan pasar, yaitu: Telur Asin! Harga sebutir Telur Asin Ny. Siong ini adalah 5350. Dan di foto bagian bawah ada aneka makanan yang tradisional banget seperti: Cenil / Gurandil, Grontol Jagong, Lupis, Jiwel Ireng. Edan lah komplitnya!

Dan akhirnya kami harus sudahi acara makan-makan kue pagi itu, setelah jam mendesak karena mesti segera berangkat ke gereja. Hhhmmm…  mungkin kalau tidak dibatasi, kami bisa betah duduk terus di sana, mencicipi ini itu sampai semua kue selesai dicoba #LOL

SS 50 copy

Total biaya makan pagi kami hari itu sekitar 100rb, ehm.. kebayang kan berapa banyak kue yang sudah dihabiskan? Perut kenyang dan anak-anak super senang. Tempat yang cocok sekali untuk kuliner bersama anak-anak, sekaligus memperkenalkan mereka kekayaan kuliner aneka kue jajan pasar Tradisional Indonesia, juga belajar mencintai dan melestarikannya.

Liburan ke Bandung bareng anak-anak? Mampir Sari Sari deh, seru!
Marilah Kita Lestarikan Aneka Kue Jajan Pasar Tradisional Indonesia….

SS 01 copy

SARI SARI ~ Aneka Kue Jajan Pasar
Jalan Sultan Tirtayasa no 17, Bandung
phone: 022 – 4206517
Jam buka: 05.00 – 19.00

 

(helen ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

 

Please like & share:

← Previous post

Next post →

2 Comments

  1. parah sih itu pilihan jajan pasarnya banyak banget, murah dan semuanya terlihat enak! dijamin kalap sih kalo kesana nanti :”) makasih infonya Mba Helen!

Leave a Reply