Orang Vietnam khususnya Hanoi, sangat suka makan, mungkin karena cuacanya yang relatif sejuk ya…
Di daerah Old Quarter yang ramai, setiap berjalan beberapa langkah pasti kita menemukan penjual makanan, baik itu berupa restoran kecil, kaki lima, atau penjual makanan keliling.
Hhmmmm… tapi anehnya sepanjang saya di Hanoi, jarang sekali bertemu orang yang gemuk apalagi para wanitanya, bisa dihitung dengan jari deh, semuanya tampak kurus langsing! Bikin penasaran nih, apa sih rahasianya?

Bicara soal kuliner Hanoi, dari sekian banyak makanan enak di Hanoi, ada beberapa kuliner legendaris yang wajib coba. Tempat-tempat ini selalu ramai pengunjung, baik itu warga lokal maupun para wisatawan, dan memang rasanya sungguh istimewa. Pokoknya ga boleh dilewatkan deh kalau berkunjung ke Hanoi!

1. Bun Cha Dac Kim

Buncha 03 copy

Bun Cha Dac Kim ini berlokasi di Jalan Hang Manh no 1, buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 7 malam. Selain di Jalan Hang Manh, punya cabang juga di Jalan Duong Thanh no 67.

Buncha 02

Apa sih Bun Cha itu?
Bun Cha adalah daging cincang yang dipanggang, dalam 1 porsi ada 3 jenis daging panggang mirip burger dengan rasa yang gurih, enak, maknyus!
Nah, si Bun Cha ini dimakan dengan sohun, acar, lumpiah kepiting, dan sebaskom besar sayuran mentah.
Sekarang saya tau rahasia kurus orang Vietnam, ternyata mereka gemar sekali makan sayuran mentah, masing-masing orang bisa menghabiskan sebaskom sayuran bahkan nambah lagi, luar biasa! Sementara kita berdua cuma sanggup mengurangi sedikit populasi daun-daunan di baskom milik kita. Hahaha… Selain karena tidak biasa, dedaunannya juga terasa asing, cuma tau 1 daun anggur, dan sisanya entah daun apa saja yang ada di sana, semuanya belum pernah kita makan sebelumnya.
Bun Cha ini hadir dalam porsi monster, jadi saran saya cukup pesan 1 saja untuk dimakan 2-3 orang. Apalagi sohun, acar dan lalapannya all you can eat, jadi irit tapi tetap kenyang, lagian kan kita harus sisakan space di perut untuk coba makanan enak lain lagi di Hanoi!

Buncha 01 copy

Lumpiah goreng daging kepiting di Bun Cha Dac Kim ini sungguh teramat spesial, enaknya pake banget… Termasuk salah satu makanan yang paling enak yang pernah saya makan di Hanoi. Dan sampai hari ini masih terbayang-bayang penyesalan mengapa waktu itu tidak bungkus lagi beberapa lumpiah goreng, huhuhu….

2. Bun Bo Nam Bo

Bunbo 01 copy

Bun Bo Nam Bo lokasinya di Jalan Hang Dieu no 67, dengan jam buka dari jam 7 pagi sampai jam 22.30 malam, bisa sarapan, lunch, dinner dan supper di sini. Bun Bo Nam Bo sepertinya mirip dengan kedai mie baso kalau di Indonesia, tentu saja dengan Vietnamese Style, seperti apa sih?

Bunbo 02 copy

Harga seporsi Bun Bo Nam Bo adalah VND 55k. Bun Bo Nam Bo berupa bihun yang disajikan dengan toge, daun yansui, irisan daging, bawang goreng dan kacang tanah goreng, plus tidak ketinggalan si acar pepaya muda. Silahkan tambah sendiri dengan kecap, sambal, cuka yang tersedia di setiap meja. Rasanya unik dan asik!

3. Pho 10

Pho 07 copy

Tentu saja belum sah ke Hanoi kalau belum mencicipi semangkuk Pho di sini! Dan kami pun mampir ke Pho 10 yang legendaris itu, lokasinya di  Jalan Ly Quoc Su no 10. Jangan lupa perhatikan jam bukanya, Pho 10 buka setiap hari dari jam 6 pagi, hingga 10 malam, namun ada istirahat siang dari jam 2 siang sampai 17.30 sore.

Pho 00 copy

Kami memesan Pho Bo Tai Nam seharga VND 35k, pho dengan half done beef plus cakwe goreng. Menurut saya, yang istimewa dari pho di sini adalah irisan daging sapinya yang empuk dan enak plus rasa kuah kaldunya yang nikmat! Juara deh, tidak aneh kalau Pho 10 punya begitu banyak penggemar sampai harus antri apalagi waktu jam makan tiba.

4. Cha Ca La Vong

Chaca 06 copy

Cha Ca La Vong terletak di Jalan Cha Ca no 14, resto yang satu ini terdiri dari 2 lantai yang selalu penuh dan ramai, punya area makan yang paling luas dari kuliner Hanoi lain yang saya sebutkan sebelumnya.

Chaca 00 copy

Cha Ca La Vong ini termasuk kuliner paling mahal yang kita coba di Hanoi, cara hitung harganya per orang, jadi tidak bisa beli 1 porsi dimakan berdua seperti kita biasanya selama di Hanoi, hahaha… Biaya makan di sini VND 170k per orang, untuk seporsi kecil ikan berbumbu plus sepiring besar sohun dan sebaskom sayuran!
Pelayan restoran akan membantu kita memasak ikan langsung di meja masing-masing. Kenikmatan utama makan di Cha Ca La Vong adalah ikannya yang lembut dengan bumbu khusus mirip kari dan kuahnya yang gurih, rasanya antik!

Jadi kalau wisata ke Hanoi, selain mengunjungi berbagai situs cantik di sana, lalu cuci mata dan belanja-belanja, juga jangan ketinggalan mencicipi 4 kuliner legendaris di Hanoi ini, yuk mari kita makan-makan enak!

 

Baca juga:
Hanoi Street Food
Cafe dan Kopi Enak di Hanoi

 

(helen ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

Please like & share: