Hanoi surganya makanan enak. Setiap sore menjelang malam, hampir di setiap belokan atau muka gang, pasti ada kaki lima alias angkringan yang berjualan aneka rupa makanan. Dan hebatnya lagi, jarang liat penjual makanan yang sepi, hampir semuanya ramai pembeli, aseli jadi bikin penasaran, ngiler dan galau!

Berhubung perut terbatas, tapi tetep mata keranjang segala kepengen coba, jadilah setiap kali kuliner di Hanoi kita menyiasati dengan pesan sedikit alias 1 porsi saja buat dimakan berdua, yang penting jadi ga penasaran lagi kan? Hahaha…

Berikut 4 Hanoi Street Food enak yang sempat kita coba waktu itu. Sebenarnya masih ada banyakkkkkkk…. yang lain yang belum dicicipi, sepertinya suatu hari nanti harus balik lagi ke Vietnam khusus buat wisata kuliner!

1. Tra Chanh (Lemon Tea)

Lemon copy

Di Hanoi kita lumayan banyak menemukan penjual minuman seperti ini. Namanya Tra Chanh sejenis minuman lemon dengan cita rasa asem segar tapi berbeda dengan Lemon tea yang biasa kita minum di sini, unik dan wajib coba!

2. Thit Xien Nuong (Sate Babi)

Sate copy

Penjual Sate Babi juga banyak kita temukan di Hanoi, biasanya di emperan toko, dengan menggelar alat bakaran ala kadarnya. Bisa makan di tempat, langsung duduk atau jongkok di depan toko (seperti kita!) dan tentu saja bisa take away.
Rasa satenya manis gurih, dengan ukuran daging besar-besar namun tidak keras, dimakan panas-panas, enak pake bangetttttt……

3. Nom Du Du

NomDuDu copy

Saya membeli Nom Du Du ini di Night Market Old Quarter. Pertama-tama tertarik karena melihat banyak pembelinya, dan kedua jadi lebih tertarik lagi ketika melihat ada telur puyuh.
Kenapa telur puyuh? Soalnya saya penasaran pengen coba “balut”, alias telur puyuh dengan janin burung di dalamnya, hohoho… Walaupun ternyata Nom Du Du ini pakai telur puyuh biasa, dan sampai pulang dari Hanoi belum kesampean makan balut karena ga kecari dimana yang menjualnya.
Dan Nom Du Du ini ternyata enak!
Bentuknya seperti daging campur, jadi ada abon, suwiran ayam, irisan dendeng, dan sejenisnya, lalu diaduk-aduk menjadi satu. Rasanya istimewa! Termasuk salah satu makanan yang paling saya sukai di Hanoi, ga nyesel deh coba Nom Du Du.

4. Thai Dat Chinese BBQ

BBQ 00 copy

Thai Dat 中国烧烤 alias Chinese BBQ ini terletak tidak jauh dari Aranya Hotel tempat kami menginap.  Lokasi pastinya di hook, Jalan Hang Bong no 66. Setiap kali lewat pasti ngiler, tapi timingnya ga pas aja, selalu waktu perut kenyang abis makan. Akhirnya hari terakhir kita bulatkan tekad buat menjajal BBQ yang satu ini, ehm… walaupun sebenarnya masih kenyang juga sih, hahaha…
Cara ordernya, pertama kita pilih-pilih mau makan apa saja, tersedia aneka seafood, segala rupa daging, sayuran, sampai jagung dan roti baguette juga ada, silahkan ambil sendiri, dijamin semuanya bikin kepengen! Lalu serahkan pada pelayan sambil menyebutkan no meja, nanti mereka akan membantu membakar dan membumbui aneka rupa makanan yang kita ambil.

BBQ 06 copy

“Meja” yang dimaksud di sini adalah baki seng besar yang diletakkan di atas kursi plastik pendek, dengan kompor mini plus wajan besi diatasnya. Sementara kita juga duduk di kursi pendek mengelilingi “meja” alakadarnya ini. Dan semuanya ini terletak di trotoar dengan jarak antar meja kursi yang begitu rapat. Perlu ekstra hati-hati saat bergerak, jangan sampai menyenggol si meja seng, dan menumpahkan semua isinya.
Di “meja” tersedia kecap BBQ, sambal ala Thai, juga Kimchi ala Korea, hahaha… perpaduan yang komplit! Berhubung semua bakaran sudah dibantu dimasak sampai matang, fungsi wajan dan kompor hanya untuk menghangatkan makanan saja. Jadi ga pake ribet, tinggal langsung santap!
Rasa BBQ nya mantap, rahasia kenikmatannya ada di bumbunya, terasa begitu meresap dengan rasa gurih yang unik. Nongkrong BBQ an di pinggir jalan begini jadi pengalaman asik tersendiri buat kita, wajib coba!
Belakangan saya baru tahu, ternyata Thai Dat ini adalah Best BBQ in town, hhhmm… untung sekali kita pernah coba makan di sini yak…
Demikian makanan jalanan alias street food di Hanoi yang sempat kami cicipi, semuanya enakkkkk…. meskipun sebenarnya masih ada banyak makanan lain yang kepengen dicoba, tapi apa daya perut ini sudah tidak sanggup lagi.

Sepertinya kesan utama liburan ke Hanoi adalah kenyang, kenyang dan kenyang! Dan waktu balik ke rumah jadi tidak berani ketemu timbangan badan, hohoho….

 

Baca juga:
Kuliner Hanoi Nan Legendaris
Cafe dan Kopi Enak di Hanoi

 

(helen ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

Please like & share: