Cafe dan Kopi Enak di Hanoi

Vietnam terkenal dengan kopinya yang enak, katanya sih asalkan minum kopi di Vietnam, baik itu di kafe maupun di pinggir jalan rasanya pasti enak!
Tapi berhubung waktu kita yang sangat singkat dan padat di Hanoi, jadi sebelum berangkat saya sudah browsing sana sini buat mencari tempat minum kopi enak di Hanoi.

Dan akhirnya ini dia beberapa Cafe yang sempat kita kunjungi selama di Hanoi:

1. Cafe Giang

Giang 00 copy

Konon kopi terbaik di Hanoi ada di cafe mungil nan sempit ini. Namanya Giang Cafe, terletak di Jalan Nguyen Huu Huan no 39. Jalanan masuk Cafe cuma sebatas lorong sempit, dan bagian dalam cafe pun tidak kalah sempitnya, hahaha…. Bikin saya makin penasaran. Btw, jangan bingung sama petunjuk arahnya yak, yang plang kuning itu petunjuk arah buat Parkir Motor Giang Cafe. Awalnya saya sempat bingung juga, ternyata sudah benar pintu cafe yang lorong itu.
Etapi kecil-kecil begini, Cafe Giang punya menu dalam bahasa Inggris, yang jarang kami temukan di tempat lain, plus fasilitas Free Wifi!

Giang 08 copy

Semua orang duduk sempit-sempitan di kursi dan meja pendek, beneran berasa seperti warga lokal deh! Mereka sanggup nongkrong berlama-lama di sini lho, selayaknya biasa orang Indo nongkrong di Starbuck kali ya…
Hhhmmm… Kopi apa sih yang bikin Giang Cafe begitu banyak penggemar?
Ternyata Giang Cafe terkenal dengan Cafe Trung Nong, alias Egg Coffee Hot. Akhirnya saya pesan 1 Egg Coffee Hot dan 1 Egg Coffee Cold, dimana keduanya hadir dalam gelas yang super mini, hihihi.. sepertinya bisa langsung habis dalam 1-2 teguk saja nih!
Dan rasa kopinya memang sangat istimewa, pantas disebut si no 1. Cafe Trung Nong milik Cafe Giang aseli juara, saya suka sekali dengan kopinya yang begitu bold, dengan bagian atas yang membentuk foam lembut tapi kental, sslluurrrppp…. nikmat sekali lah! Pokoknya wajib mampir ya kalau ke Hanoi…

2.  Highlands Coffee

HC 06 copy

Highlands Coffee merupakan cafe yang banyak kita temukan dimana-mana di seluruh penjuru Hanoi. Termasuk juga waktu kita putar-putar di area Ba Dinh Square,  terdapat Highlands Coffee tepat di bawah Flag Tower. Tentu saja kita yang sejak masih di Indo sudah bertekad buat minum kopi sesering mungkin di Hanoi, langsung merapat buat ngopi-ngopi cantik di siang yang panas terik itu, hohoho….
Dan asiknya lagi, walaupun tempatnya keren nan nyaman, harga kopi di Highlands Coffee tetep aja murmer. Itulah asiknya ngopi-ngopi di Vietnam, baik itu ngopi di pinggiran jalan maupun di cafe resmi, harga saingan, 11-12 deh!

HC 07

Segelas Ca Phe Sua Da alias iced coffee with condensed milk ala Vietnam ini cukup ditebus dengan VND 29k saja. Eits, jangan salah, rasa kopinya itu terasa banget, bukan sekadar kopi instan atau kopi-kopian!
Dan buat teman ngopi, saya pilih sepotong Banana Cake seharga VND 19k, yang super enak dan maknyus, tekstur dan rasanya berbeda dengan banana cake di Indo. Banana cake termasuk salah satu jenis cake yang sering saya temukan di Hanoi, makanya jadi penasaran juga dan ternyata yummy!

HCC 00 copy

Selain mengunjungi Highlands Coffee di bawah Flag Tower, kami juga sempat nongkrong-nongkrong di Highlands Coffee Hoan Kiem Lake, waktu malam terakhir di Hanoi. Nongkrong di sini asik sekali lho…
Saya memilih tempat duduk di balkon luar dengan view keramaian kota, dari atas kita bisa melihat hiruk pikuk lalu lintas kendaraan di bundaran air mancur tepat di depannya. Dine with a view & it’s worth every penny!

HCC 08 copy

Selain 2 gelas Iced Coffee, malam itu kami juga ditemani oleh Banh Mi, alias roti baguette dengan berbagai isian ala sandwich. Banh Mi ini adalah makanan khas Vietnam, dan bisa kita temukan di seluruh penjuru kota. Milik Highlands Coffee ini istimewa, sampai sekarang masih terbayang-bayang kelezatannya, paduan aneka ham & smoked beef dengan sayur mayur terasa begitu mantap, jauh di atas ekspektasi saya, recommended!

4. Trung Nguyen Coffee

Trung 00 copy

Trung Nguyen Coffee juga sama seperti Highlands Coffee, kita bisa menemukan kedai kopi yang satu ini dimana-mana. Sayangnya kami tidak sempat menikmati segelas kopi di sini, karena tidak sanggup lagi, hahaha… kenyang bo! Tapi kami beli banyakkkkkkk sekali kopi di sini untuk dibawa pulang ke Indonesia, baik itu kopi G7  3 in 1 biasa, maupun aneka varian Cappuccino. Saking banyaknya persediaan kopi enak kami cukup untuk setengah tahun!

Trung 05

Dan terus terang, untuk coffee instan, kopi G7 milik Trung Nguyen ini jauh lebih mantap daripada milik Highlands Coffee. Apalagi si Cappuccino dengan tekstur foam yang mengingatkan saya dengan segelas kopi spesial ala Cafe Giang. Wajib beli yang banyak deh kalau mampir ke Hanoi.

5. Fanny Ice Cream

Fanny 08 copy

Yang terakhir ini bukan tempat ngopi-ngopi, tapi tempat makan es krim. Yap, Fanny Ice Cream ini terkenal dengan home made natural ice cream nya yang super duper mantap!
Selain aneka Ice Cream scoop dengan rasa-rasa unik yang bisa kita pilih langsung dari etalase, kita juga bisa menikmati aneka es krim cantik di Fanny. Fanny yang mengusung tema “The Art of Ice Cream” ini punya puluhan pilihan kombinasi es krim yang antik nan cantik.

Fanny 00 copy

Es krim biru-biru di sebelah kiri adalah Blue Lagoon, paduan antara es krim mint, lime sorbet, curacao liquor dan whipped cream, asik deh!
Sementara es krim di sebelah kanan adalah Malicoco, yaitu es krim kelapa, orange sorbet, malibu, white chocolate dengan chocolate sauce, yummy!
Jangan lupa cobain es krimnya Fanny ya kalau ke Hanoi…

Demikian daftar 5 cafe enak di Hanoi, asik banget buat sekadar nongkrong santai sambil menyeruput segelas kopi nikmat atau semangkuk es krim maknyus.
Duh jadi kangen deh sama Hanoi, kangen kopinya, kangen es krimnya, kangen makanannya, kangen semuanya!

 

Baca juga:
Kuliner Legendaris Hanoi
Hanoi Street Food

 

(helen ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

 

Please like & share:

← Previous post

Next post →

1 Comment

  1. Jalan-jalan mbak ke Pekanbaru,, aku temenin nikmati kopi yang enak di sini,, memang sih bukan asli kopi Riau,,, kan tau Riau gak punya kebun kopi hehehe

Leave a Reply