(Balikpapan 03) ~ Makan-makan di Ruko Bandar

Salah satu alasan utama saya memilih  menginap di IBIS Balikpapan adalah karena dekat dengan Kompleks Ruko Bandar, hanya tinggal menyeberang jalan utama saja, langsung sampai deh. Ada apa sih di Ruko Bandar?

Ruko Bandar merupakan kompleks pertokoan yang berada di tepi laut, tepatnya Selat Makassar, ruko di sini didominasi oleh restoran dan kafe. Apalagi di bagian belakang kompleks yang tepat menghadap laut, berjejeran restoran keren yang sekaligus menjual view laut.

Berhubung sangat dekat dari IBIS, saya pun sempat mampir beberapa kali ke Ruko Bandar dan mencoba aneka makanan enak di sana. Langsung saja deh, ini dia beberapa dari sekian banyak tukang jual makanan di Ruko Bandar Balikpapan, enjoy!

1. Depot Selamat

DS 08 copy

Depot merupakan tempat bagi kebanyakan orang Balikpapan untuk makan pagi, sambil nongkrong -nongkrong asik. Terdapat begitu banyak depot di seantero Balikpapan, dan Depot Selamat di Ruko Bandar termasuk salah satu yang jadi favorite.

Biasanya depot berupa food court kecil, dimana di dalamnya terdapat beberapa food stall yang menjual aneka rupa makanan yang berlainan. Begitu pula dengan Depot Selamat, ada banyak pilihan makan di sini, mulai dari nasi kuning, lontong sayur, soto banjar, bubur ayam, coto makassar, nasi pecel dan lain-lain.

DS 00 copy

Setelah sempat bingung mau makan apa karena semua pengen dicoba, akhirnya pilihan saya jatuh pada Coto Makassar IDR 20k dan Teh Susu IDR 15k. Coto Makassar termasuk salah satu makanan yang khas di Balikpapan, konon karena letaknya tepat di sebelah Selat Makassar. Berhubung belum juga kesampean menginjakkan kaki di pulau Sulawesi, mari kita cicipi dulu Coto Makassar di tepian Selat Makassar, hohoho….

Coto Makassar berupa soto dengan kuah santan putih kental, berisi daging sapi dan babat, disajikan bersama dengan ketupat, dan bisa dinikmati bersama jeruk nipis, sambal dan kecap manis sesuai selera. Rasanya khas soto Indonesia yang kaya rempah, mantap!

Sementara itu Teh Susu di sini juga pekat sekali, mengingatkan saya akan teh tarik ala Mamak India di Malaysia. Paduan pas antara susu kental manis dengan teh yang harum menghasilkan kenikmatan yang luar biasa.

2. Bakmie Klandasan

BK 08 copy

Bakmie Klandasan atau biasa dikenal dengan Mi-Kla merupakan salah satu resto bakmie terbaik di Balikpapan dan pernah direkomendasikan oleh Pak Bondan Winarno dalam acara wisata kuliner. Selain menu mie, Bakmie Klandasan juga menyediakan aneka menu Chinese Food, letaknya di hook tepat di depan Ocean Resto, dan punya area makan yang cukup luas dan nyaman.

BK 00 copy

Kurang afdol rasanya kalau tidak mencoba semangkok mie di sini, inilah Bakmie Ayam Spesial Klandasan IDR 20k (padahal di buku menu tertera harga 18k tapi kata pelayannya sudah naik, ya sudhlah!). Tekstur mienya lembut dan enak, rasa mie lumayan, dengan potongan ayam yang besar-besar dan beralaskan kulit pangsit besar nan renyah berbentuk mangkok.

BK 05 copy

Plus segelas Es Jeruk seharga IDR 10k untuk penawar dahaga, rasanya memang paling nikmat minum es jeruk dingin untuk mengimbangi panasnya udara Balikpapan yang cukup menyengat.

3. De Cafe

DC 20 copy

De Cafe merupakan bagian dari Blue Sky Group, group hotel dan kuliner paling terkenal di Balikpapan. Cafe yang tampak kecil dan sederhana dari luar ini, ternyata luas, besar dan nyaman di bagian dalamnya, hhmmm.. don’t judge a book from it’s cover!

DC 08 copy

Dan ketika siang itu saya merapat ke De Cafe untuk ngopi-ngopi cantik, ternyata lagi-lagi di luar dugaan, cafe penuh sekali dengan pengunjung, padahal dari luar aseli tampak adem ayem saja, hahaha…

DC 15 copy

Begitu masuk De Cafe, kita langsung disambut oleh jejeran etalase berisi aneka rupa cakes, pastry, praline juga ice cream. Benar-benar menggoda iman, membuat saya harus menahan diri dan menahan lapar (mata) untuk tidak menyomot satu dua potong kue di sini, hihihi….

Soalnya tujuan utama saya ke De Cafe untuk mencicipi mantau nya yang kesohor enak itu. Yap Mantau merupakan salah satu makanan wajib coba di Balikpapan, mantau bentuknya mirip dengan bakpao namun tanpa isi dengan citarasa yang sedikit lebih manis.

DC 03 copy

Mantau Kipas IDR 32.8k, seporsi isi 3 pcs mantau dengan isian Sapi Lada Hitam yang maknyus! Sebenarnya dulu di Balikpapan terkenal dengan mantau isi daging rusa, namun sekarang rusa sudah tidak boleh dikonsumsi lagi dan lalu digantikan dengan daging sapi, tapi menurut saya rasanya tetep enak kok! Mantau yang satu ini aseli spesial, wajib coba deh kalau ke Balikpapan.

Hhmmm… berhubung judulnya ngopi-ngopi cantik, tentunya wajib ditemani dengan segelas kopi, saya pilih Iced Cappucino IDR 30.8k. Kopinya mantap, harum juga pekat, gula disajikan terpisah dan bisa ditambahkan sesuai selera. Overall puas nongkrong di sini, apalagi AC nya juga adem dan suasananya nyaman sekali, pantas saja begitu banyak pengunjung yang makan di De Cafe.

4. Ocean’s Resto

OC 15 copy

Dan sebagai penutup acara makan-makan di sini, hari terakhir saya mengunjungi Ocean’s Resto, salah satu resto seafood terbaik di Balikpapan. Terletak di bagian belakang kompleks Ruko Bandar, dengan view laut yang begitu menakjubkan, merupakan tempat favorite bagi warga lokal maupun wisatawan mancanegara untuk menikmati seafood sambil ditemani suara debur ombak dan pemandangan laut biru sejauh mata memandang.

OC 13 copy

Terdapat area oudoor tepat ditepi laut dan area indoor yang nyaman dengan AC dan live music (piano). Ehm, tentu saja saya memilih duduk di dalam resto, mempertimbangkan matahari Balikpapan yang cukup menyengat siang itu, hehehe… daripada gosong!

OC 00 copy

Segelas Fruit Punch IDR 25k dan sepotong Opera Cakes IDR 35k menemani acara nongkrong saya di Ocean’s Resto. Fruit Punchnya segar dengan paduan pas antara jus nanas, jeruk dengan sirup merah. Sementara itu untuk Opera Cakes agak mengecewakan, rasa kopinya kurang begitu terasa dan terlalu banyak cream yang akhirnya membuat eneg, hahaha…

OC 04 copy

Tentu saja saya juga tidak melewatkan kesempatan untuk mencicipi Kepiting Soka Telur Asin yang kesohor di Ocean’s Resto. 1 porsi ukuran 2-3 orang, harganya IDR 90k, dan saya take away sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Masing-masing sudah siap bawa, dipak dalam dus, dan diberi tote bag, pokoknya tinggal tau beres dan rapi!

Kepiting Soka Telur Asin milik Ocean’s Resto punya cita rasa yang khas, paduan rasa asin dari telur asin dengan pedasnya cabai menghasilkan kombinasi yang mantap! Dan semua keluarga di rumah pun memuji enakkkk…. duh senangnya!

 

Sebelumnya:
Balikpapan (Part 2) ~ Icip-icip di Kebun Sayur!

 

 

(helen ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

Please like & share:

← Previous post

Next post →

1 Comment

  1. wah sekarang mantau daging menjangannya sudah tidak ada ya? untung dulu sudah pernah coba 🙂 dan bakmie klandasan memang enak! lihat fotonya langsung teringat, susunan interior dan mejanya masih sama dengan sekian tahun lalu saat saya tinggal disana 🙂

Leave a Reply