Bulan Mei ini saya mencatat sejarah baru, pertama kalinya menginjakkan kaki di pulau Kalimantan, yeay! Hahaha…. Selain pulau Jawa, Sumatera dan Bali akhirnya dapat kesempatan juga untuk mengunjungi Kalimantan, tepatnya Balikpapan di Kalimantan Timur.

Kunjungan saya ke Balikpapan kali ini dalam rangka Mission Trip, ikut ambil bagian dalam pelayanan di Festival Kuasa Allah ke 22 bersama Pastor Philip Mantofa. Dan ternyata peserta Mission Trip dari Bandung hanya sendirian saja, jadilah semua aktivitas serba sendiri juga, mulai dari tempat penginapan, transport, makan, dan jalan-jalan semuanya dilakoni sendiri. Untungnya saya memang sudah terbiasa travel sendiri kemana-mana, jadi tetap merasa happy-happy saja, solo travelling malahan lebih seru! hahaha….

Ibukota Kalimantan Timur adalah Samarinda, dan Balikpapan hanyalah sebuah kota yang berjarak 2-3 jam dari Samarinda. Etapi jangan salah, Balikpapan punya Bandara International yang keren sangat, baru, megah dan kinclong, bikin terpesona deh! Ehm.. dan hati ini pun jadi terasa miris sambil bertanya-tanya kapan Bandung bakalan punya bandara sekeren itu? Semoga jawabannya bukan “kapan-kapan…..”

IBIS 05 copy

Saya memilih untuk tinggal di IBIS Balikpapan, tentunya dengan berbagai pertimbangan. Sebagai Solo Traveler, lokasi hotel yang strategis sangat menentukan bagi kemudahan mobilitas dan aktivitas selama travel. Setelah browsing sana sini, akhirnya saya memutuskan IBIS Balikpapan adalah yang pilihan yang paling sesuai. Apalagi ada promo Buy 2 Nights Free 1 Night, plus tambahan diskon 100rb dari Traveloka, total untuk 3 malam di IBIS Balikpapan cukup ditebus dengan 950rb nett all in.

IBIS 04

IBIS Balikpapan berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, bersebelahan dengan Novotel, berada tepat di belakang Taman Bekapai dan di seberang Kompleks Ruko Bandar, ruko yang ramai dengan aneka rupa resto/cafe berlatar belakang laut, cocok deh! Dan karena hotel IBIS Balikpapan berada di jalur jalan utama, tentunya dilalui oleh berbagai macam rute Angkot (Angkutan Kota), menuju berbagai tempat di kota Balikpapan, penting banget!

IBIS 11 copy

Btw, di sini Angkot itu disebut dengan Taksi, sementara angkutan Taksi yang sesungguhnya mereka sebut dengan Argo, hati-hati jangan tertukar ya…. Sebagai info tambahan, tarif Angkot adalah flat 5rb tidak peduli jauh dekat, sementara Taksi bertarif flat 50rb, kecuali ke Bandara 70rb, karena semua supir taksi di sini selalu ogah untuk menyalakan Argo, hhhmmm….

IBIS 03 copy

Overall saya puas dengan pelayanan Hotel IBIS, saya check in tepat jam 2 siang dan tanpa harus menunggu lama langsung mendapatkan kamar sesuai pesanan (no smoking, double bed) di lantai 2, tepatnya kamar no 2009. Ukuran kamar cukup besar untuk standar IBIS, dan masih terdapat sofa bed kecil di sudut ruangan.

IBIS 01 copy

Di kamar juga tersedia kopi dan teh sachet plus pemanas air, yang saya manfaatkan untuk ngopi-ngopi setiap pagi, sambil googling sana sini menikmati fasilitas Free Wifi yang lumayan kenceng.

IBIS 08 copy

Yang bikin saya terkesan adalah bentuk kamar mandinya yang compact. Kamar mandi IBIS Balikpapan menyerupai Capsule berbentuk seperempat lingkaran, yang sangat keren dan mantap! Selain disediakan handuk dan amenities standard, masih ada juga hair dryer dan hair & body bath dispenser. Sungguh suatu fasilitas yang memuaskan untuk standar hotel berbintang 3.

IBIS 10 copy

Selain itu, di setiap ujung koridor ada sofa empuk untuk sekadar bersantai plus tersedia dispenser air minum, dimana kita bisa melakukan isi ulang minuman, memperoleh air panas untuk membuat minuman/makanan instan, atau sekadar menikmati air dingin segar untuk pelepas dahaga. Ga perlu beli tambahan air minum lagi, lumayan jadi lebih hemat kan?

IBIS 06 copy

IBIS Balikpapan juga menawarkan promo Breakfast alias makan pagi, hanya dengan harga IDR 50k nett, kita bisa menikmati makan pagi all you can eat setiap pagi mulai dari jam 6 sampai 10. Dengan aneka pilihan menu Indonesia dan International yang begitu menggoda, plus beragam minuman juice atau coffee & tea, dijamin puas!

Berminat mengunjungi Balikpapan? Saya rekomendasikan anda untuk menginap di jaringan Accors Group, jika mau hemat bisa menginap di IBIS atau pilihlah Novotel untuk kemewahan fasilitas. Oh ya, untuk setiap tamu IBIS juga bisa menikmati fasilitas kolam renang di Novotel yang letaknya tepat bersebelahan, mantap kan?

IBIS 07 copy

 IBIS Balikpapan
Jalan Ery Suparjan no 2, Balikpapan
phone: 0542 – 820821

 

Berikutnya:
Balikpapan (Part 2) ~ Icip icip di Kebun Sayur!

 

(helen ~ helen yang suka makan)
IG: @helenysm_

 

 

Please like & share: